Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Tamu Menginap di Grand Kuta Hotel and Residence Kuta Bali
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada pengaruh secara parsial dan simultan antara reliability, responsiveness, assurance, ampethy, dan tangibles terhadap kepuasan tamu menginap di Grand Kuta Hotel and Residence Kuta Bali. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang menggunakan non probalility sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil analisis menyatakan secara parsial reliability (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) di Grand Kuta Hotel and Residence. Hal ini dapat dilihat dari koefisien regresi yang ditemukan bernilai positif sebesar 0,270. Secara parsial responsiveness (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) di Grand Kuta Hotel and Residence. Hal ini dapat dilihat dari koefisien regresi yang ditemukan bernilai positif sebesar 0,234. Secara parsial assurance (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) di Grand Kuta Hotel and Residence. Hal ini dapat dilihat dari koefisien regresi yang ditemukan bernilai positif sebesar 0,199. Secara parsial empathy (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) di Grand Kuta Hotel and Residence. Hal ini dapat dilihat dari koefisien regresi yang ditemukan bernilai positif sebesar 0,200. Secara parsial tangibles (X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) di Grand Kuta Hotel and Residence. Hal ini dapat dilihat dari koefisien regresi yang ditemukan bernilai positif sebesar 0,360. Secara simultan reliability (X1), responsiveness (X2), assurance (X3), empathy (X4), tangibles (X5), berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) Harris Hotel and Residences Riverview Kuta. Hal ini dibuktikan dengan analisis regresi berganda Y = -1,087 + 0,270 (X1) + 0,234 (X2) + 0,199 (X3) + 0,200 (X4) + 0,360 (X5). Analisis determinasi berganda reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles memberikan kontribusi sebesar 53,4% terhadap kepuasan pelanggan Grand Kuta Hotel and Residence.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ahmed, L., Nawas, M. M., & Usman, A. (2014). A mediation of customer saticfaction relationship between service quality and repurchase intentions for the telecom sector in Pakistan: A Case study of University students. African Journal of Business Management, 4(16), pp, 3457-3462.
Desembrianita, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga terhadap Keputusan Pelanggan untuk Menggunakan Jasa Hotel Oval Surabaya. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen 16(2), 345–354
Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media
Hartini. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, harga dan lokasi terhadap keputusan konsumen untuk menginap di Hotel Sakura Palangka raya. Skripsi Manajemen. Universitas STIE Palangkaraya.
Maryati, F., & Husda, N. E. (2020). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayananterhadap Kepuasan Pelanggan pada Holiday Hotel di Kota Batam”. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis. 8(1)
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.