Pengaruh Penerapan Green Banking, Green Investasi, dan Eco-efficiency pada Nilai Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2022
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Nilai perusahaan adalah nilai yang dicapai oleh suatu perusahaan melalui proses kegiatan bisnis yang baik dan telah dipercaya oleh masyarakat. Selain menghasilkan keuntungan, perusahaan ingin meningkatkan posisinya di masyarakat dengan memberikan pengalaman yang baik yang selaras dengan persepsi masyarakat terhadap tindakannya. Oleh karena itu, perusahaan harus menjalankan aktivitas bisnis dengan tetap memperhatikan kondisi lingkungan dan sosial masyarakat agar dapat memperoleh kepercayaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh investasi hijau, keuangan hijau, dan eko-efisiensi terhadap nilai perusahaan.Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Penelitian yang difokuskan pada organisasi keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini dijadwalkan berlangsung antara tahun 2020 dan 2022. Sampel dipilih melalui pengambilan sampel yang disengaja. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eko-efisiensi, investasi hijau, dan adopsi keuangan hijau secara positif mempengaruhi nilai perusahaan. Temuan ini menunjukkan bahwa eko-efisiensi, perbankan hijau, dan investasi hijau merupakan tiga faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Diharapkan investor akan mempertimbangkan hal ini ketika membuat keputusan investasi, karena peningkatan harga saham dikaitkan dengan pertumbuhan nilai perusahaan, yang menguntungkan bagi investor.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Damas, D., Maghviroh, R., & Indreswari, M. (2021). Pengaruh Eco-Efficiency, Green Innovation dan Carbon Emmision Disclosure terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Lingkungan Sebagai Moderasi. Jurnal Magister Akuntansi Trisakti, 8(2): 85-108.
Dewi, R., & Rahmianingsih, A. (2020). Meningkatkan Nilai Perusahaan melalui Green Innovation dan Eco-Effisiensi. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan dan Akuntansi, 12(2): 225-243.
Larasati, A. R. (2023). Pengaruh Green Investment dan Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan. Publikasi Skripsi. Bogor: Universitas Pakuan.
Murwaningsari, E., & Rachmawati, S. (2022). The Effect of Green Banking and Green Investment on Firm Value with Eco-Efficiency as Moderation. International Journal of Social and Management Studies (IJOSMAS), 4(2): 141-150.
Pratiwi, A. (2023). Pengungkapan Green Banking, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perbankan di Indonesia. Publikasi Skripsi. Palembang: Universitas Muhammadiyah Palembang.
Saesari, M. (2022). Pengaruh Pengungkapan Green Banking Terhadap Nilai Perusahaan pada Perbankan yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2019. Publikasi Skripsi. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.
Shang, H. (2022). Green Technology Innovation Spillover Effect and Urban Eco-Efficiency Convergence: Evidence from Chinese Cities. Energy Economics, 114: 30-42.
Tanasya, A., & Handayani, S. (2020). Green Investment and Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan: Profitabilitas sebagai Pemediasi. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 22(2): 225-238.
Winarto, W. A. (2021). Pengaruh Green Banking Disclosure terhadap Nilai Perusahaan pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Velocity: Journal of Sharia Finance and Banking, 1(2): 12-22.