Perbedaan Motivasi Belajar dan Kreativitas melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Motivasi Belajar, Dan Kreativitas Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pengolahan Dan Penyajian Makanan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian yaitu one group pretest-posttest design. Adapun metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Kuliner 3 di SMK PGRI 3 Badung yang berjumlah 38 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian yaitu uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji statistik inferensial menggunakan paired sampel t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pretest motivasi belajar diperoleh rerata sebesar 17.34, sedangkan pada posttest diperoleh rerata sebesar 28.21. Dari hasil pengukuran tersebut secara deskriptif terdapat peningkatan skor sebesar 10.87. Pada pretest kreativitas diperoleh rerata sebesar 22.39, sedangkan pada posttest diperoleh rerata sebesar 40.76. Dari hasil pengukuran tersebut secara deskriptif terdapat peningkatan skor sebesar 18.37. Hasil uji paired sample t-test yang membandingkan antara pretest-posttest motivasi belajar menunjukkan signifikansi sebesar 0.001 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar melalui penerapan model project based learning. Pada kreativitas menunjukkan signifikansi sebesar 0.001 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kreativitas melalui penerapan model project based learning.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aryanti, M. P., Isnaini, I. D., Julianingsih, D., Dharmayanti, A., & Irsalina, N. (2023). Sosialisasi Tipe-tipe Anak Berkebutuhan Khusus pada Sekolah Inklusi di Kelurahan Pakal Surabaya. Bima Abadi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i1.251
Maesaroh, S. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar Sisiwa Kelas XI SMK Islamic Village Tangerang. Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 3(2).
Munandar, U. (2018). Telaah Kreativitas. Universitas Airlangga, October, 0–21.
Nugraha, I. R. R., Supriadi, U., & Firmansyah, M. I. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajran Project Based Learning dalam meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(1), 39–47.
Nurmaida, H. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS SISWA (Penelitian Kuasi Eksperimen Siswa Kelas IV SD Negeri 066 Halimun Bandung). 11–27.
Purwanti, H. (2021). Pembelajaran Kreatif pada Praktik Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental melalui Metode Demonstrasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 127–136. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.201
Ryan, Cooper, & Tauer. (2013). Bab Ll Tinjauan Pustaka. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.
Sadirman. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Dan Kemampuan Berkomunikasi Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Dinamika Pendidikan, 1(2), 31–32.
Suardika, I. K., Heni, H., & Anse, L. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 5(1), 10–20. https://doi.org/10.36379/autentik.v5i1.101
Sugiyono, S. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional) (Vol. 1, Issue 3). https://doi.org/10.14710/jdep.1.3.35-45
Syahmi, F. A., Mustaji., & Maureen, I. Y. (2024). Pengaruj Project Based Learning terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Animasi 2D dan 3D di SMK Unitomo. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1).
Zannah, K. M. (2020). Bab Ii Konsep Belajar Menggunakan Model Project Based Learning. Skripsi(S1) Thesis, FKIP UNPAS., 36–51.