Application of Marketing Strategies to Enhance the Competitiveness of The One Legian Hotel Penerapan Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing Hotel The One Legian

Main Article Content

Devia Ivanna
I Wayan Ruspendi Junaedi
I Gede Agus Mertayasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh Hotel The One Legian dalam meningkatkan daya saingnya di tengah ketatnya persaingan industri perhotelan di kawasan Legian, Bali. Strategi pemasaran yang diteliti mencakup pendekatan bauran pemasaran 7P serta faktor-faktor eksternal PEST (politik, ekonomi, sosial, dan teknologi). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, didukung dengan teknik analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) serta matriks IFAS dan EFAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hotel The One Legian telah menerapkan strategi pemasaran digital melalui media sosial, content marketing, SEO, dan kolaborasi dengan influencer secara aktif. Strategi ini terbukti meningkatkan brand awareness dan keterlibatan pelanggan. Namun, kelemahan seperti belum optimalnya situs web dan tidak digunakannya pemasaran langsung menjadi tantangan tersendiri. Rekomendasi yang diajukan antara lain peningkatan kualitas digital branding, penguatan SEO, dan pemanfaatan direct marketing seperti email dan WhatsApp. Strategi pemasaran yang efektif dan terintegrasi mampu meningkatkan daya saing hotel melalui diferensiasi layanan, peningkatan kualitas, serta penguatan citra merek.

Article Details

How to Cite
Ivanna, D., Junaedi, I. W. R., & Mertayasa, I. G. A. (2025). Application of Marketing Strategies to Enhance the Competitiveness of The One Legian Hotel: Penerapan Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing Hotel The One Legian. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 4(2), 221–234. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadara/article/view/4289
Section
Articles

References

Ayub. (2025). Pengaruh Strategi Pemasaran Digital, Kualitas Layanan Dan Strategi Diferensiasi Terhadap Peningkatan Daya Saing Hotel Syariah Di Kota Pekanbaru. Published Thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Chaffey & Chadwick. (2019). E-Marketing: Excellent. Butterworth: Heinemann.

Go, F.M., & Govers,R. (2016). Strategi Pemasaran dalam Industri Perhotelan.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2016). Marketing Management. Harlow :Pearson

Kristiutami, P. (2021). Strategi Pemasaran Hotel Grand Asrilia di Masa Pandemi Covid-19. Media Wisata, 19(1), 1–10. https://doi.org/10.36276/mws.v19i1.61.

Sholihah, I., Muhammad, F., Jailani, H., & Nuri, R. Z. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada Home Indusrti Kapuk Kasur Di Dusun Nenggung Desa Paokmotong Kecamatan Masbagik. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 6(1), 200–210. https://doi.org/10.29408/jpek.v6i1.3982

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.