Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Media Sains?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Jurnal Media Sains menerima naskah hasil penelitian mengenai sains (biologi, kimia, fisika, biosains, bioteknologi) yang belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dalam proses penerbitan dijurnal manapun. Naskah ditulis dengan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan ketentuan maksimal 15 halaman per artikel (termasuk gambar dan tabel). Penulisan artikel menggunakan font/huruf times new roman dengan size 11 pt dan dalam bentuk format dua kolom kecuali abstrak dalam bentuk satu kolom. Naskah/artikel yang dikirim dalam bentuk soft copy Word Document (doc.) atau Rich Text Format (rtf). Ukuran kertas a4, spasi 1 dan ukuran margin 3 cm.


Format Artikel:

1. Judul / Title

2. Abstrak Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

4. Pendahuluan / Introduction

5. Metode / Method

6. Hasil dan Pembahasan/ Result and Discussion

7. Simpulan / Conclusion

8. Ucapan Terima Kasih (jika ada) / Acknowledgement

9. Referensi / References

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Judul (Title page):

    a. Judul 14 pt, bold, di tengah

    b. Nama penulis 12 pt

    c. Nama Instansi/lembaga 10 pt

    d. Email 10 pt

    Judul harus relatif singkat tapi informatif. Setiap penulis harus memberikan nama lengkap mereka (tanpa gelar) diikuti dengan alamat instansi/lembaga dan email. Penulis utama harus ditandai dengan tanda nomor (sebagai penulis korespodensi). Selain itu, penulis utama harus menyertakan alamat, email di bawah penulis sesuai nama. Jika salah satu ko-penulis dari berbagai organisasi, alamat juga harus disebutkan dan ditunjukkan menggunakan nomor setelah nama penulis.

  2. Abstrak (Abstract) :

    Abstrak terdiri atas maksimal 250 kata, secara singkat dan jelas mengutarakan tujuan, metode dan hasil penelitian serta manfaatnya. Abstrak ditulis dalam dua bahan yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, diketik dengan jarak 1 spasi. Kata kunci ditulis dibawah pada masing-masing abstrak dan terdiri dari 3-6 kata, atau kata majemuk/frasa. Abstrak dibuat dalam bentuk satu paragraf dengan format satu kolom, font times new roman 11 pt.

  3. Pendahuluan (Introduction):

    Memberikan penjelasan singkat dari latar belakang, dasar pemikiran, maksud dan tujuan penelitian yang disajikan di naskah. Pendahuluan dibuat dalam bentuk dua kolom, font times new roman 11 pt.

  4. Metode (Methods):

    Metode yang digunakan harus diuraikan secara singkat, mengutip referensi. Metode baru atau modifikasi atau diubah dapat dijelaskan secara rinci. Metode statistik dan tingkat signifikansi yang dipilih harus dinyatakan secara jelas. Metode dibuat dalam bentuk dua kolom, font times new roman 11 pt.

  5. Hasil (Results) dan Pembahasan (Discussion) :

    Hasil merupakan bagian yang menjelaskan dan interpretasi hasil penelitian untuk memungkinkan pembaca memahami informasi apa yang diperoleh dalam pengamatan atau percobaan. Semua tabel dan gambar harus dirujuk dalam teks. Tabel dibuat dengan bentuk terbuka dan diberi judul singkat tentang isi tabel. Keterangan isi tabel, bila diperlukan, dicantumkan sebagai catatan kaki, diberi nomor yang diikuti kurung tutup (nomor keterangan diketik sebagai superscript, misalnya 1),2), dan seterusnya).

  6. Pembahasan merupakan bagian yang menjelaskan dan interpretasi dari hasil yang diperoleh dalam perspektif hasil penelitian sebelumnya dan penelitian saat ini yang relevan dengan hasil penelitian ini. Memastikan bahwa hasil dari masing-masing tujuan dinyatakan dan diinterpretasikan.

    Hasil dan Pembahasan dibuat dalam bentuk dua kolom, font times new roman 11 pt.

  7. Simpulan (Conclusion):

    Bagian ini memuat kesimpulan singkat dari tujuan dan hasil penelitian yang diperoleh. Kesimpulan dibuat dalam bentuk essay satu paragraph dan tidak dalam bentuk penomoran.

  8. Ucapan Terima Kasih (Acknowledgement) (jika ada):

    Informasi mengenai dukungan hibah atau dukungan lainnya dalam pelaksanaan penelitian dan penulisan.


  9. Referensi (References):Daftar pustaka menggunakan format APA style yaitu disusun berdasarkan urutan abjad nama akhir penulis pertama. Nama penulis pertama dan berikutnya merupakan nama akhir yang diikuti nama pertama dan nama tengah (disingkat). Disusun berdasarkan urutan alphabet. Sumber rujukan diharapkan sekurangnya 80% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan minimal 50% berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian. Hanya pustaka yang disitasi dalam naskah yang ditulis dalam referensi.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.