ANIMASI 3D “STIKOMAN SEASON 2” SEBAGAI MEDIA PROMOSI KONSENTRASI MULTIMEDIA STIKOM BALI

Authors

  • Ketut Gus Oka Ciptahadi
  • Muhammad Rusli

DOI:

https://doi.org/10.36002/jutik.v6i1.1007

Abstract

ABSTRACT
STIKOM Bali, as an institution of higher education in the field of computers and information technology by having 3 study programs namely S1 Information Systems, S1 Computer Systems and D3 Information Management. In the S1 majoring in Information Systems there is a concentration of multimedia. In multimedia concentration there are computer animation courses, in these courses students are taught how to make animation projects with two-dimensional and three-dimensional techniques. For the selection of multimedia concentrations at STIKOM, every year there is always an increase, but the increase that occurs is still not optimal. Like when the writer observed the research location, by getting data on the annual student concentration selection, in the class of 2014, there were 218 students who chose multimedia concentration, 276 in 2015 and the last was 2016, students chose 341 people. In completing this research the writer made 3 approaches. The first approach the writer uses is the method of research and development (R&D), Next 2 approaches in the production phase, namely using motin blur. And using computer graphic image effects. In making 3D animation, the author takes a reference to a previous study entitled Fighting Stikoman Technology. Where the animation project from previous research will be continued in the current research. To make the video animation results more valid, the writer after completing the animation product will carry out the stages of questionnaire testing, the test will assess in terms of modeling, color, animation and finally the assessment related to the story in the animated film.
Keywords: 3D, Animation, Multimedia, Research and Development.
ABSTRAK
STIKOM Bali, sebagai suatu institusi perguruan tinggi di bidang komputer dan informatika dengan memiliki 3 program studi yaitu S1 Sistem Informasi, S1 Sistem Komputer dan D3 Manajemen Informatika. Pada jurusan S1 Sistem Informasi terdapat konsentrasi multimedia. Dalam konsentrasi multimedia terdapat mata kuliah komputer animasi, dalam mata kuliah tersebut mahasiswa diajarkan bagaimana membuat project animasi dengan teknik dua dimensi dan tiga dimensi. Untuk pemilihan konsentrasi multimedia di STIKOM , tiap tahun selalu ada peningkatan., namun peningkatan yang terjadi masih belum maksimal. Sepeti ketika penulis melakukan observasi kelokasi penelitian, dengan mendapatkan data mengenai pemilihan konsentrasi mahasiswa pertahun yatu, pada angkatan 2014, mahasiswa yang memilih konsentrasi multimedia sebanyak 218 orang, angkatan 2015 sejumlah 276 dan yang terakhir yaitu angkatan 2016, mahasiswa memilih sebanyak 341 orang. Dalam meyelesaikan penelitian ini penulis melakukan 3 pendekatan. Pendektan pertama penulis menggunakan metode research and development (R&D), Berikutnya 2 pendekatan dalam tahap produksi, yaitu menggunakan motin blur. Dan menggunakan effect computer graphic image. Dalam pembuatan animasi 3D, penulis mengambil referensi pada penelitian terdahulu yang berjudul Fighting Stikoman Technology. Dimana project animasi dari penelitian terdahulu akan di lanjutkan pada penelitian yang sekarang. Untuk membuat hasil video animasi menjadi lebih valid, penulis setelah menyelesaikan produk animasinya akan melakukan tahapan pengujian kuisioner, pengujian tersebut akan menilai dari segi modelling, warna, animasi dan terakhir penilaiaan terkait cerita dalam film animasi tersebut.
Kata Kunci : 3D, Animasi, Multimedia, Research and Development.

Downloads

Additional Files

Published

2020-01-23

How to Cite

Ciptahadi, K. G. O., & Rusli, M. (2020). ANIMASI 3D “STIKOMAN SEASON 2” SEBAGAI MEDIA PROMOSI KONSENTRASI MULTIMEDIA STIKOM BALI. JUTIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 6(1). https://doi.org/10.36002/jutik.v6i1.1007