MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PENGENALAN ORGAN JANTUNG MANUSIA PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-AMIN TABANAN

Authors

  • Naufal Faroh
  • Ketut Gus Oka Ciptahadi
  • Affan Irfan Fauziawan
  • Ni Putu Meina Ayuningsih

DOI:

https://doi.org/10.36002/jutik.v6i3.1165

Abstract

ABSTRACT
Heart Organ is one of the natural science learning materials in class V in the Madrasah Ibtidaiyah Al-
Amin Tabanan. This material is only studied in books, and the teacher explains through slide
presentations. The absence of adequate tools such as props and other supporting media that can be used
and displayed to clarify the material. Therefore multimedia-based learning media can help teachers in
the process of delivering material that is needed and as supporting media for the material of the human
heart organ. In making this multimedia-based learning media the author used Coreldraw X7 software
to create characters that are in the learning media, then the animation process, button creation, and
backsound administration were done using the Adobe Flash CS 6 application. This Learning Media has
been tested by distributing questionnaires to fifty students of Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin Tabanan,
with the aim to find out how feasible the application can be used. From the results of the questionnaire
that was distributed, it was obtained that the learning media of Natural Sciences (IPA) introduction of
multimedia-based human cardiac organs with the highest number of points category was four point nine
six and included in the category of strongly agree while the number of points in the lowest category was
four point one and included in the agreed category , this shows that this application is in accordance
with the Learning Implementation Plan (RPP) and is very appropriate to be used for fifth grade students
as a learning media.
Keywords: Learning Media, Natural Sciences, Human Heart Organs.
ABSTRAK
Organ Jantung merupakan salah satu materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada kelas V
di Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin Tabanan. Materi ini hanya dipelajari di buku, dan guru menjelaskan
melalui slide presentasi. Belum adanya alat memadai seperti alat peraga dan media penunjang lainnya
yang bisa digunakan dan ditampilkan untuk memperjelas materi. Oleh karena itu media pembelajaran
berbasis multimedia dapat membantu guru dalam proses penyampaian materi yang dirasa sangat
dibutuhkan dan sebagai media penunjang untuk materi organ jantung manusia. Dalam pembuatan media
pembelajaran berbasis multimedia ini penulis menggunakan software Coreldraw X7 untuk pembuatan
karakter yang ada didalam media pembelajaran, kemudian untuk proses animasi, pembuatan tombol,
dan pemberian backsound dilakukan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS 6.Media pembelajaran ini
telah diujikan dengan penyebaran kuisioner ke siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin Tabanan sebanyak
50 orang siswa, dengan tujuan untuk mengetahui seberapa layak aplikasi dapat digunakan. Dari hasil
kuisioner yang telah dibagikan diperoleh bahwa media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
pengenalan organ jantung manusia berbasis multimedia dengan jumlah poin kategori tertinggi 4,96 dan
termasuk dalam kategori sangat setuju sedangkan jumlah poin kategori terendah 4,1 dan termasuk dalam
kategori setuju, hal ini menunjukkan bahwa aplikasi ini telah sesuai dengan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) dan sangat tepat digunakan untuk siswa kelas V sebagai media pembelajaran..
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam, Organ Jantung Manusia.

Downloads

Additional Files

Published

2020-10-17

How to Cite

Faroh, N., Ciptahadi, K. G. O., Fauziawan, A. I., & Ayuningsih, N. P. M. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PENGENALAN ORGAN JANTUNG MANUSIA PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-AMIN TABANAN. JUTIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 6(3). https://doi.org/10.36002/jutik.v6i3.1165

Most read articles by the same author(s)