PENGENALAN KARAKTER WAYANG BALI DENGAN ARSITEKTUR VGG-16
DOI:
https://doi.org/10.36002/jutik.v7i1.1297Abstract
ABSTRACTShadow Puppets is one of art that grows and develops in Indonesia which tell about human character. Puppet grew rapidly in java and became known, developed and owned by each region in Indonesia in accordance with their respective ethnicity and culture. Puppet must be preserved to maintain the existence of the community, especially young generation. With the availability of current technology, then the authors use it for one way to preserve Indonesian puppets. The technique used in this research is Deep Learning and Web Scraping. Deep learning is a very lively and sophisticated method, especially for object recognition, in this research using Convolutional Neural Network. Web scraping technique used to extract text content from a website. This study aims to preserve the culture of puppets by utilizing technology through puppet patterns recognition which are later expected to help the public easily know the history of a puppet only from its shape
Keywords: Shadow Puppet, Deep Learning, Web Scraping, Image Classification.
ABSTRAK
Wayang merupakan salah satu kesenian yang tumbuh dan berkembang di Indonesia yang menceritakan tentang perwatakan manusia. Wayang tumbuh pesat di daerah Jawa kemudian dikenal , dikembangkan dan dimiliki oleh masing-masing daerah di Indonesia sesuai dengan etnis dan budaya masing-masing daerah tersebut. Wayang haruslah dilestarikan untuk menjaga eksistensi dikalangan masyarakat khususnya digenerasi muda. Dengan ketersediaan teknologi saat ini, maka penulis memanfaatkannya untuk salah satu cara untuk melestarikan wayang Indonesia. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Deep Learning dan Web Scraping. Deep learning merupakan metode yang sangat marak dan canggih saat ini khususnya untuk pengenalan object (gambar) algoritma yang digunakan adalah Convolutional Neural Network. Teknik web scraping yang digunakan untuk mengambil content teks dari suatu website. Penelitian ini bertujuan untuk melestarikan budaya wayang dengan memanfaatkan teknologi melalui pengenalan pola wayang yang nantinya diharapkan dapat membantu masyarakat dengan mudah mengetahui sejarah dari suatu wayang hanya dari bentuknya
Kata Kunci : Wayang, Deep Learning, CNN, Web Scraping, Kasifikasi Citra.
Downloads
Additional Files
Published
2021-01-13
How to Cite
Sudiatmika, I. B. K., & Dewi, I. G. A. A. S. (2021). PENGENALAN KARAKTER WAYANG BALI DENGAN ARSITEKTUR VGG-16. JUTIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 7(1). https://doi.org/10.36002/jutik.v7i1.1297
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.