PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MOBILE DESA WISATA LOMBOK TENGAH MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Authors

  • I Gusti Ngurah Darma Paramartha
  • M Febrian Eibim Adzariatulah
  • Gede Humaswara Prathama

DOI:

https://doi.org/10.36002/jutik.v9i3.2513

Keywords:

desa wisata, aplikasi mobile, UI/UX, design thinking, usability testing

Abstract

Kesulitan wisatawan dalam mencari informasi desa wisata dan wisata lokal yang ada di lombok tengah dan belum ada sebuah platform branding yang memfasilitasi desa wisata dalam menawarkan produk yang mereka miliki kepada wisatawan. diharapkan dengan adanya platfrom seperti aplikasi desa wisata mampu menjadi sebuah media informasi dan media promosi untuk desa wisata yang ada di lombok tengah. Perancangan aplikasi mobile desa wisata ini menggunakan metode Design Thinking, dengan menerapkan 5 tahapan di dalamnya seperti emphatize, define, ideate dan testing. Metode design thinking sendiri menjadi sebuah pilihan dalam merancang aplikasi mobile desa wisata dikarenakan, design thinking pada dasarnya menjadi sebuah metode dalam mencari permasalahan dan kebutuhan yang terpusat pada manuisa (target pengguna aplikasi ini yaitu wisatawan dan pelaku wisata) dan melahirkan sebuah inovasi ide solusi yang bisa menyelesaikan masalah dan kebutuhan dari target pengguna. Pada tahap pengujian, pada penelitian ini menggunakan 2 metode pengujian diantaranya Usability Testing dan System Usability Scale (SUS). Pada pengujian usability testing peneliti memberikan skenario task kepada penguji untuk mengetahui tingkat kesuksekan dalam menyelesaikan skenario dari prototipe aplikasi, dimana dalam setelah melakukan pengujian menghasilkan 97% task complete dan didukung dengan waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan skenario yang diberikan. Pada metode pengujian menggunakan system usability scale (SUS) menghasilkan, nilai skore SUS 76,08 yang dikategorikan dalam skala B yang dinyatakan excellence (baik).

References

M. E. A. Haryanegara, M. A. I. Akbar, and E. Novianti, “Peran Label Pariwisata Halal Sebagai Daya Tarik Wisata Budaya di Lombok, Nusa Tenggara Barat,†Tornare J. Sustain. Tour. Res., vol. 3, no. 1, pp. 35–39, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.unpad.ac.id/tornare/article/view/29839

G. J. P. Rosa Ristawati, Radian Salman, Sri Winarsi, Wilda Prihatiningtyas, “Pengembangan Potensi Desa Wisata Di Masa Pandemi (Studi Di Desa Sukobendu, Lamongan),†J. Pengabdi. Huk. Kpd. Masy., vol. 1, no. 3, pp. 313–237, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jdh/

N. K. Ceryna Dewi, I. B. G. Anandita, K. J. Atmaja, and P. W. Aditama, “Rancang

Bangun Aplikasi Mobile Siska Berbasis Android,†SINTECH (Science Inf. Technol. J., vol. 1, no. 2, pp. 100–107, 2018, doi: 10.31598/sintechjournal.v2i1.291.

A. K. Rianingtyas and K. K. Wardani, “Perancangan User Interface Aplikasi Mobile Sebagai Media Promosi Digital UMKM Tour dan Travel,†J. Sains dan Seni ITS, vol. 7, no. 2, 2019, doi: 10.12962/j23373520.v7i2.36874.

M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,†J. Digit, vol. 10, no. 2, p. 208, 2020, doi: 10.51920/jd.v10i2.171.

F. Fariyanto and F. Ulum, “Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan),†J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 52–60, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Z. Ahmad and I. Sukoco, “Penggunaan Design Thinking Pada Perusahaan Konsultan Teknologi Digital Indie Labtek Bandung,†J. Pemikir. dan Penelit. Adm. Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 3, no. 2, pp. 123–129, 2018, doi: 10.24198/adbispreneur.v3i2.18469.

A. Al Assad, N. S. Altarisa, A. Anjelina, M. Myrizky, M. R. Nirwana, and M. R. Pribadi, “Pengembangan UI / UX Aplikasi Int Hotel Menggunakan Metode Design Thinking Empathize Define Ideate Prototype Test,†pp. 436–441, 2022.

Herfandi, Yuliadi, M. Taufan Asri Zaen, F. Hamdani, and A. Maulya Safira, “Penerapan Metode Design Thinking Dalam Pengembangan UI dan UX,†Technol. Sci., vol. 4, no. 1, pp. 337−344-337−344, 2022, doi: 10.47065/bits.v4i1.1716.

M. S. Tuloli, R. Patalangi, and R. Takdir, “Pengukuran Tingkat Usability Sistem Aplikasi e-Rapor Menggunakan Metode Usability Testing dan SUS,†Jambura J. Informatics, vol. 4, no. 1, pp. 13–26, 2022, doi: 10.37905/jji.v4i1.13411.

A. I. Purnamasari, A. Setiawan, and . K., “Evaluasi Usability Pada Aplikasi Pembelajaran Tari Menggunakan System Usability Scale (SUS),†J. ICT Inf. Commun. Technol., vol. 19, no. 2, pp. 70–75, 2021, doi: 10.36054/jict-ikmi.v20i2.274.

Downloads

Published

2023-07-25

How to Cite

I Gusti Ngurah Darma Paramartha, M Febrian Eibim Adzariatulah, & Gede Humaswara Prathama. (2023). PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MOBILE DESA WISATA LOMBOK TENGAH MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 9(3). https://doi.org/10.36002/jutik.v9i3.2513

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 20 21 22 23 24 25 26 27 28 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.