PERANCANGAN SISTEM INFORMASI RESERVASI BERBASIS WEBSITE PADA HOTEL DI NUSA PENIDA

Authors

  • Bagus Putu Wahyu Nirmala
  • Putri Agung Permata Sari

DOI:

https://doi.org/10.36002/jutik.v9i3.2522

Keywords:

Sistem Informasi Manajemen, Check-in, Check-out, Akomodasi, Hotel

Abstract

Sebuah hotel mengutamakan kenyamanan karyawan hotelnya. Ketersediaan layanan informasi
yang cepat untuk reservasi hotel menjadi salah satu aspek yang mampu memberikan kemudahan
kemudahan. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengevaluasi proses reservasi pada hotel di Nusa
Penida serta memberikan saran untuk perbaikan dengan membangun sistem reservasi
menggunakan teknologi sistem informasi. Sistem reservasi yang masih dilakukan secara manual di
hotel-hotel Nusa Penida merupakan dampak yang terjadi. Pelanggan yang ingin melakukan
reservasi harus datang sendiri atau melalui telepon, dan arus informasi yang masih sedikit, yaitu
melalui surat kabar, iklan radio, atau selebaran yang tersebar. Banyak keuntungan yang bisa
diperoleh dengan menggunakan teknologi informasi berikut ini sebagai bagian dari desain website,
seperti akses yang cepat dan mudah serta waktu akses yang tidak terbatas. Ini karena situs web
dapat diakses kapan saja di mana saja di dunia melalui komputer, tablet, atau smartphone. Manfaat
ini sangat penting karena pangsa pasar berkembang secara global, meningkatkan tingkat hunian
hotel dan, dengan demikian, operasi dan pendapatan hotel.

References

Limbardo, Fredy. 2007. Analisis dan

Perancangan Sistem Reservasi

Hotel Berbasiskan Internet (studi

kasus pada hotel classic, PT. Buana

Mitra Usaha). Jakarta:

Undergraduate thesis, Universitas

Binus.

Ruslan. (2016). Pengelolaan Reservasi

Hotel Melalui Aplikasi Berbasis

Website. Jurnal Sigmata, 4(2): 28-

Bekti, Bintu Humairah. 2015. Mahir

Membuat Website dengan Adobe

Dreamweaver CS6, CSS dan

JQuery. Yogyakarta: ANDI

Agusnawar. 2002. Operasional tata Graha

Hotel: Hotel Housekeeping

Operational. Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama

Agus, Sulastiyono. (2011). Manajemen

Penyelenggaraan Hotel: Manajemen

Hotel. Bandung: Alfabeta.

Monaghan, Kelly. 2009. The Travel Agen

Complete Desk Reference 5th

Edition. Jakarta: Intrepid Traveler.

Leitch, Robert A / K. Roscoe Davis. 1983.

Accounting Information Systems.

Englewood Cliffs, Hew Jersey:

Prentice-Hall.

Abdullah, Rohi. 2015. Web Programing is

Easy. Jakarta: Elek Media

Komputindo

Aryanto, D (2017). Penerapan dan

Perancangan Sistem Informasi

Pemesanan Kamar Hotel Berbasis

Website (Studi Kasus Pada Hotel

Kesawan. JITEKH (Jurnal Ilmiah

Teknologi Harapan), 6(2), 26-51.

Retrieved from

http://www.stth.medan.ac.id/subdo

main/ojs/index.php/Jitekh/article/vi

ew21/

Aryanto, D. (2017). Penerapan Dan

Perancangan Sistem Informasi

Pemesanan Kamar Hotel Berbasis

Web ( Studi Kasus Pada Hotel

Kesawan). JITEKH (Jurnal Ilmiah

Teknologi Harapan), 6(2),46–51.

Retrieved from http://www.stthmedan.ac.id/subdomain/ojs/index.p

hp/Jitekh/article/view/21

Baker, Sue., Bradley, Pam., dan Huyton,

Jeremy. 2000. Principals of Hotel

Front Office Operations 2nd

Edition. London: Continum

Welington House.

Wijaya, Ricky Dwi & Riyadi, Kertahadi.

Evaluasi Implementasi Sistem

Informasi Reservasi Online (studi

pada vip enterprise malang).

Malang: Fakultas Ilmu Administrasi

- Universitas Brawijaya

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Bagus Putu Wahyu Nirmala, & Putri Agung Permata Sari. (2023). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI RESERVASI BERBASIS WEBSITE PADA HOTEL DI NUSA PENIDA. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 9(3). https://doi.org/10.36002/jutik.v9i3.2522

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.