PERANCANGAN SISTEM INFORMASI RESERVASI BERBASIS WEBSITE PADA HOTEL DI NUSA PENIDA
DOI:
https://doi.org/10.36002/jutik.v9i3.2522Keywords:
Sistem Informasi Manajemen, Check-in, Check-out, Akomodasi, HotelAbstract
Sebuah hotel mengutamakan kenyamanan karyawan hotelnya. Ketersediaan layanan informasi
yang cepat untuk reservasi hotel menjadi salah satu aspek yang mampu memberikan kemudahan
kemudahan. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengevaluasi proses reservasi pada hotel di Nusa
Penida serta memberikan saran untuk perbaikan dengan membangun sistem reservasi
menggunakan teknologi sistem informasi. Sistem reservasi yang masih dilakukan secara manual di
hotel-hotel Nusa Penida merupakan dampak yang terjadi. Pelanggan yang ingin melakukan
reservasi harus datang sendiri atau melalui telepon, dan arus informasi yang masih sedikit, yaitu
melalui surat kabar, iklan radio, atau selebaran yang tersebar. Banyak keuntungan yang bisa
diperoleh dengan menggunakan teknologi informasi berikut ini sebagai bagian dari desain website,
seperti akses yang cepat dan mudah serta waktu akses yang tidak terbatas. Ini karena situs web
dapat diakses kapan saja di mana saja di dunia melalui komputer, tablet, atau smartphone. Manfaat
ini sangat penting karena pangsa pasar berkembang secara global, meningkatkan tingkat hunian
hotel dan, dengan demikian, operasi dan pendapatan hotel.
References
Limbardo, Fredy. 2007. Analisis dan
Perancangan Sistem Reservasi
Hotel Berbasiskan Internet (studi
kasus pada hotel classic, PT. Buana
Mitra Usaha). Jakarta:
Undergraduate thesis, Universitas
Binus.
Ruslan. (2016). Pengelolaan Reservasi
Hotel Melalui Aplikasi Berbasis
Website. Jurnal Sigmata, 4(2): 28-
Bekti, Bintu Humairah. 2015. Mahir
Membuat Website dengan Adobe
Dreamweaver CS6, CSS dan
JQuery. Yogyakarta: ANDI
Agusnawar. 2002. Operasional tata Graha
Hotel: Hotel Housekeeping
Operational. Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama
Agus, Sulastiyono. (2011). Manajemen
Penyelenggaraan Hotel: Manajemen
Hotel. Bandung: Alfabeta.
Monaghan, Kelly. 2009. The Travel Agen
Complete Desk Reference 5th
Edition. Jakarta: Intrepid Traveler.
Leitch, Robert A / K. Roscoe Davis. 1983.
Accounting Information Systems.
Englewood Cliffs, Hew Jersey:
Prentice-Hall.
Abdullah, Rohi. 2015. Web Programing is
Easy. Jakarta: Elek Media
Komputindo
Aryanto, D (2017). Penerapan dan
Perancangan Sistem Informasi
Pemesanan Kamar Hotel Berbasis
Website (Studi Kasus Pada Hotel
Kesawan. JITEKH (Jurnal Ilmiah
Teknologi Harapan), 6(2), 26-51.
Retrieved from
http://www.stth.medan.ac.id/subdo
main/ojs/index.php/Jitekh/article/vi
ew21/
Aryanto, D. (2017). Penerapan Dan
Perancangan Sistem Informasi
Pemesanan Kamar Hotel Berbasis
Web ( Studi Kasus Pada Hotel
Kesawan). JITEKH (Jurnal Ilmiah
Teknologi Harapan), 6(2),46–51.
Retrieved from http://www.stthmedan.ac.id/subdomain/ojs/index.p
hp/Jitekh/article/view/21
Baker, Sue., Bradley, Pam., dan Huyton,
Jeremy. 2000. Principals of Hotel
Front Office Operations 2nd
Edition. London: Continum
Welington House.
Wijaya, Ricky Dwi & Riyadi, Kertahadi.
Evaluasi Implementasi Sistem
Informasi Reservasi Online (studi
pada vip enterprise malang).
Malang: Fakultas Ilmu Administrasi
- Universitas Brawijaya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.