PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ANIMASI MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA JASA PENGIRIMAN BARANG KAFILA EXPRESS CARGO JOGJA

Main Article Content

I Gede Febri Tanaya
Andriyan Dwi Putra

Abstract

Kafila Express merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam jasa pengiriman barang dan berlokasi di Yogyakarta, Kafila Express melayani jasa pengiriman barang dari Yogyakarta ke seluruh wilayah di Indonesia. Barang yang bisa dikirim melalui jasa Kafila Express meliputi barang door-to-door dan juga port-to-port. Meski sudah berdiri sejak tahun 2009, namun terdapat beberapa faktor yang membuat Kafila Express masih belum dikenal secara luas oleh masyarakat khususnya yang berada di Yogyakarta, salah satu faktor tersebut adalah kurangnya strategi promosi yang yang dilakukan, sehingga membuat Kafila Express belum bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah video iklan berbasis Motion Graphic yang akan digunakan sebagai media promosi untuk memperkenalkan lebih luas mengenai jasa yang ditawarkan oleh Kafila Express. Teknik yang akan digunakan dalam pembuatan video iklan pada jasa pengiriman barang Kafila Express adalah Motion Graphic dengan implementasi Kinetic Typography Animation.

Article Details

How to Cite
I Gede Febri Tanaya, & Andriyan Dwi Putra. (2023). PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ANIMASI MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA JASA PENGIRIMAN BARANG KAFILA EXPRESS CARGO JOGJA. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 9(5). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jutik/article/view/2649
Section
Articles

References

S. S. Alatas, “Perancangan Motion Graphic Iklan Layanan Aplikasi Garuda Kasir Sebagai Media Promosi Di Sosial Media,” J. Appl. Multimed. Netw., vol. 4, no. 2, pp. 76–85, 2020, doi: 10.30871/jamn.v4i2.2525.

M. Inwan Baikuni et al., “Penerapan Teknik Editing Animasi Kinetic Typography Pada Pencegahan Penyebaran Virus COVID-19 Di Desa Jipang,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, vol. 14, no. 2, pp. 127–133, 2020.

D. Krisbiantoro, S. W. Handani, and I. J. Falah, “Video Animasi Motion Graphic Dan Tipografi Kinetik Sebagai Media Sosialisasi Pencegahan Virus Corona,” J. Bhs. Rupa, vol. 4, no. 2, pp. 125–133, 2021, doi: 10.31598/bahasarupa.v4i2.659.

R. M. F. A. Sugiri, “Pembuatan Motion Graphic Hari Libur Nasional Sebagai Media Branding PT APB pada PT Maxymum Tekno Lestari,” 2021, [Online]. Available: http://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/8539/1/J3C118113-01-Raden-cover.pdf.

A. F. Muhammad and R. Y. Arumsari, “Perancangan Motion Graphic Sebagai Media Informasi Wisata Kompleks Percandian Batujaya Kabupaten Karawang Designing Motion Graphic As a Media Information for Complex Batujaya Temple Tourism in Karawang Regency,” vol. 6, no. 1, pp. 204–213, 2019.

P. Angriani and I. Maharani, “Pengaruh Media Iklan Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII Smp Negeri 15 Palembang,” Prosinding Semin. Nas. Pendidik. Progr. Pancasarjana Univ. PGRI Palembang, pp. 683–700, 2019.

Г. В. Засоріна, “Metadata, citation and similar papers at core.ac.uk 4,” Донну, vol. 5, no. December, pp. 118–138, 2015.

H. Aprianto, “Motion Graphic ‘Akhlak’ Sebagai Media Edukasi Penyimpangan Perilaku Sosial Pada Remaja,” J. Bhs. Rupa, vol. 3, no. 1, pp. 60–67, 2019, doi: 10.31598/bahasarupa.v3i1.432.

L. A. Setyoningsih, Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember, no. September 2019. 2018.

R. Pratama, “PROSES PRODUKSI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU 2010,” 2010.