EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PELATIHAN DIGITAL ASURANSI MANULIFE DENGAN MENGGUNAKAN METODE EUCS DAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.36002/jutik.v10i2.3000Keywords:
MiLearn, Kepuasan Pengguna, EUCS, IPA, AnalisisAbstract
Manulife Indonesia menawarkan berbagai layanan keuangan termasuk asuransi jiwa,
asuransi kecelakaan dan kesehatan, layanan investasi dan dana pensiun kepada konsumen individu
maupun pelaku usaha di Indonesia. Dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan pelatihan bagi
agennya, pada tahun 2020 lalu Manulife Indonesia mengembangkan aplikasi pelatihan digital untuk
tenaga pemasar baik agen maupun finansial spesialis Manulife. Aplikasi MiLearn digunakan sebagai
alat bantu untuk para agen dalam melayani nasabah dan dapat membantu meningkatkan
keterampilan serta pengetahuan tentang asuransi dengan cara mengakses aplikasi yang dapat
dilakukan dimana saja tanpa harus bertatap muka dengan trainer di ruang kelas. Tujuan dari
penelitian ini adalah melakukan pengukuran tingkat kepuasan pengguna aplikasi MiLearn
menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dengan lima variabel yaitu
Content, Accuracy, Format, Ease of Use dan Timeliness. Kemudian metode IPA (Importance
Performance Analysis) merupakan suatu teknik yang digunakan untuk mengukur tingkat
kepentingan dan tingkat kinerja atribut. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
kuesioner yaitu google form dengan 59 responden dari agen MGM Bali yang menggunakan aplikasi
MiLearn, data yang terkumpul diolah menggunakan software SPSS dan Excel. Kemudian hasil
perhitungan nilai Indeks Kepuasan Pengguna (IKP) diperoleh hasil sebesar 80,41% yang berarti
agen MGM Bali cukup puas dengan kinerja aplikasi MiLearn
References
M. S. W.Lubis, “Berkat MiLean,
Kinerja Agen Manulife Kian
Produktif,†2020.
M. A. Yazid, S. H. Wijoyo, and R. I.
Rokhmawati, “Evaluasi Kualitas
Aplikasi Ruangguru Terhadap
Kepuasan Pengguna Menggunakan
Metode EUCS (End-User Computing
Satisfaction) dan IPA (Importance
Performance Analysis),†J.
Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu
Komput., vol. 3, no. 9, pp. 8496–
, 2019, [Online]. Available:
Asti Shofi Damayanti,
“MENGGUNAKAN METODE
EUCS ( END USER COMPUTING
SATISFACTION ) SKRIPSI
memperoleh gelar Sarjana Komputer
Disusun oleh :,†J. Pengemb. Teknol.
Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 11,
pp. 4833–4839, 2018.
J. O. Ong and J. Pambudi,
“Importance Performance Analysis
Di SBU Laboratory Cibitung PT
SUCOFINDO (PERSERO),†J. Tek.
Ind. UNDIP, vol. IX, no. 1, pp. 1–10,
R. Ardista, “Pengaruh Kualitas
Pelayanan Terhadap Kepuasan
Pelanggan PT. Langit Membiru
Wisata Bogor,†Parameter, vol. 6,
no. 1, pp. 38–49, 2021, doi:
37751/parameter.v6i1.160.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.