PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA SINAR BINTANG BOUTIQUE
DOI:
https://doi.org/10.36002/jutik.v9i6.2669Keywords:
Pemasaran Media Sosial, Kesadaran Merek, Loyalitas PelangganAbstract
Loyalitas pelanggan merupakan komitmen pelanggan untuk membeli kembali produk atau layanan yang
dipilih secara konsisten di masa mendatang. Strategi yang dilakukan untuk memposisikan ke dalam
pikiran calon konsumen bahwa produk atau jasa yang ditawarkan unggul dari pesaing yaitu dengan
melakukan pemasaran digital melalui social media marketing. Melalui social media marketing,
konsumen menyadari adanya merek suatu produk sehingga dapat mempengaruhi konsumen terhadap
kemampuan daya ingat pada suatu merek atau brand awareness. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh social media marketing dan brand awareness terhadap loyalitas pelanggan.
Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Sinar Bintang Boutique. Teknik sampling yang
digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu pelanggan dengan usia diatas 17 tahun
yang sudah melakukan pembelian kebaya dan sudah mengikuti akun Instagram Sinar Bintang Boutique
sehingga diperoleh 80 orang sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui
dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS versi 29.
Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh positif dan signifikan social media marketing terhadap
loyalitas pelanggan. Terdapat pengaruh positif dan signifikan brand awareness terhadap loyalitas
pelanggan. Terdapat pengaruh positif dan signifikan social media marketing dan brand awareness
terhadap loyalitas pelanggan.
References
Amelia, & Erdiansyah, R. (2018). Pengaruh Brand Awareness dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 26. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/3581
Godey, B., Manthiou, A., Pederzoli, D., Rokka, J., Aiello, G., Donvito, R., & Singh, R. (2016). Social media marketing efforts of luxury brands: Influence on brand equity and consumer behavior. Journal of Business Research, 69(12), 5833–5841. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.04.181 [3]
Griffin, J. (2003). Customer Loyalty : Menumbuhkan dan Mempertahankan Pelanggan. Airlanggan.
Kotler, P. (2016). Marketing Management 15th Edition (15th ed.). Pearson.
Li, F. (2021). Social media marketing strategy : definition , conceptualization , taxonomy , validation , and future agenda. 51–70.
Narottama, N., & Moniaga, N. E. P. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Destinasi Wisata Kuliner di Kota Denpasar. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 8, 741. https://doi.org/10.24843/jumpa.2022.v08.i02.p19
Prof, S. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (29th ed.). Alfabeta.
Roisah, R., Hakim, L., & Mukminin, A. (2018). Strategi Membangun Brand Awareness Pada Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 340–347. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/3972%0Ahttps://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/viewFile/3972/2502
Sari, S., Syamsuddin, S., & Syahrul, S. (2021). Analisis Brand Awareness Dan Pengaruhnya Terhadap Buying Decision Mobil Toyota Calya Di Makassar. Journal of Business Administration (JBA), 1(1), 37. https://doi.org/10.31963/jba.v1i1.2678
Sri Yunan Budiarsi, Monica Adjeng Erwita, & Jessica Netanya Siregar. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness, Dan Brand Image Terhadap Brand Loyalty Pada J&T Express Di Surabaya. Majalah Ekonomi, 26(2), 54–66. https://doi.org/10.36456/majeko.vol27.no2.a4738
Supertini, N. P. S., Telagawati, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2020). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 61.
https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.2620
Sya’idah, E. H., & Jauhari, T. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Brand Awareness Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan Lingua Franca Edutama. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(5), 2824–2833. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.