PENGUKURAN KUALITAS LAMAN WEBSITE UNIVERSITAS DHYANA PURA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

Authors

  • Gabriel Firsta Adnyana
  • Agus Tommy Adi Prawira Kusuma

DOI:

https://doi.org/10.36002/jutik.v5i3.870

Abstract

ABSTRACT
Website is a form of electronic media that is published through an internet network connection
that can be accessed without knowing the time and place. The website www.undhirabali.ac.id is a
website that provides news information about academic activities in the form of teaching and learning
activities (KBM). However, the problem that occurs so far is that there are still problems in terms of
quality of use such as search content (searching) does not function properly, from the quality of
information the existence of news content that is rarely updated, from the quality of service interactions
such as the number of old news that is not found can be accessed. To find out the quality of a Website it
is necessary to measure. By measuring the quality of a Website, it can be known the user's perception of
the Website. There are 4 (four) main dimensions of WebQual 4.0, namely Usability, Information Quality,
Service Interaction, and Overal Impression. WebQual Method 4.0. is an instrument that assesses the
quality of a website according to the perspective of the end user. This research was conducted at the
University of Dhyana Pura Badung-Bali. This research was conducted using a questionnaire and the
data collection method used was random sampling. The population of this research is lecturers, students
and administrative staff. In this study, the testing method used to test the relationship between variables
from Webqual 4.0 to user satisfaction is the quantitative descriptive method approach by means of Chi
Square testing. From the results of the study it can be concluded that the best quality of use is that the
website provides clear interaction while the worst is that the website has no competition, then the best
quality of information is providing a reliable website while the worst is the website does not provide
detailed information and the best quality of service interaction that is website provides security while
the worst is that website does not provide convenience to deliver feedback and the four variables
Webqual 4.0, namely quality of use, quality of information and quality of service interaction have a
positive and significant effect on user satisfaction (user satisfaction).
Keywords: Webqual, Website, Information Services, Random Sampling and Teaching and Learning
Activities (KBM).

ABSTRAK
Website merupakan salah satu bentuk media elektronik yang dipublikasi melalui koneksi
jaringan internet yang dapat diakses tanpa mengenal waktu dan tempat. Website www.undhirabali.ac.id
merupakan website yang memberikan pelayanan informasi berita seputar kegiatan akademik berupa
kegiatan belajar mengajar (KBM). Namun permasalahan yang terjadi selama ini yaitu masih terdapat
masalah dari segi kualitas kegunaan seperti konten pencarian (searching) tidak berfungsi dengan baik,
dari kualitas informasi adanya konten-konten berita yang jarang diupdate, dari kualitas interaksi
pelayanan seperti banyaknya ditemukan berita-berita lama yang tidak bisa diakses. Untuk mengetahui
kualitas sebuah Website maka perlu dilakukan pengukuran. Dengan melakukan pengukuran kualitas
suatu Website dapat diketahui persepsi pengguna terhadap Website tersebut. Terdapat 4 (empat) dimensi
utama WebQual 4.0, yaitu Usability, Information Quality, Service Interaction, dan Overal Impression.
Metode WebQual 4.0. merupakan instrument yang menilai kualitas suatu website menurut perspektif
pengguna akhir. Penelitian ini dilakukan di lingkungan Universitas Dhyana Pura Badung-Bali.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan metode pengambilan data yang digunakan
adalah random sampling. Populasi dari penelitian ini adalah dosen, mahasiswa dan tenaga administrasi.
Dalam penelitian ini, metode pengujian yang digunakan untuk menguji hubungan antar variabel dari 

Webqual 4.0 terhadap kepuasan pengguna (user satisfaction) adalah dengan pendekatan metode
deskriptif kuantitatif yaitu dengan cara pengujian Chi Square. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa kualitas kegunaan yang paling baik yaitu website menyediakan interaksi yang jelas sedangkan
yang paling buruk yaitu website tidak memiliki kompetisi, kemudian kualitas informasi yang paling baik
yaitu menyediakan website yang dapat dipercaya sedangkan yang paling buruk yaitu website tidak
menyediakan informasi yang detail serta kualitas interaksi pelayanan yang paling baik yaitu website
memberikan keamanan sedangkan yang paling buruk yaitu website tidak memberikan kemudahan untuk
menyampaikan umpan balik (feedback) dan keempat variabel Webqual 4.0, yaitu kualitas kegunaan,
kualitas informasi dan kualitas interaksi pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pengguna (user satisfaction).
Kata Kunci: Webqual, Website, Layanan Informasi,Random Sampling dan Kegiatan Belajar Mengajar
(KBM)

Downloads

Additional Files

Published

2019-10-22

How to Cite

Adnyana, G. F., & Kusuma, A. T. A. P. (2019). PENGUKURAN KUALITAS LAMAN WEBSITE UNIVERSITAS DHYANA PURA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. JUTIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 5(3). https://doi.org/10.36002/jutik.v5i3.870