IMPLEMENTASI BUDAYA KESELAMATAN PASIEN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI RSUD WANGAYA KOTA DENPASAR

Main Article Content

Dedy Kastama Hardy
Natalia Yudha
Nengah Sarikumpul

Abstract

Budaya keselamatan pasien merupakan pondasi utama dalam menuju keselamatan pasien, penerapan budaya keselamatan di rumah sakit adalah sesuatu yang mutlak harus diaplikasikan sejalan dengan sistem keselamatan agar mampu menurunkan KTD secara signifikan. RSUD Wangaya Kota Denpasar mengalami penurunan pelaporan total kasus insiden keselamatan pasien (IKP), dan terlaporkannya insiden pasien jatuh berdampak moderat yang menggambarkan kurang maksimalnya sistem keselamatan pasien yang berdampak pada lemahnya budaya pelaporan insiden keselamatan pasien di RSUD Wangaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi budaya keselamatan pasien terhadap kinerja pegawai di RSUD Wangaya dilihat dari dimensi persepsi staf terkait keselamatan pasien, frekuensi pelaporan kejadain dan respon non punitive terhadap kesalahan. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dilakukan di 5 unit kerja RSUD Wangaya pada bulan Maret 2019. Populasinya adalah seluruh tenaga profesional pemberi asuhan (PPA) di RSUD Wangaya yang telah bekerja lebih dari 1 tahun yang berjumlah 353 orang. Sampel penelitian berjumlah 85 orang diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner, analisa data yang dilakukan adalah analisis univariat dan bivariate dengan chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara budaya keselamatan pasien dengan kinerja pegawai di RSUD Wangaya, semakin kuat budaya keselamatan pasien maka semakin tinggi kinerja pegawai begitu sebaliknya semakin lemah budaya keselamatan pasien maka semakin rendah kinerja pegawai RSUD Wangaya. RSUD Wangaya diharapkan dapat meningkatkan motivasi pelaporan kejadian dan memberikan umpan balik dari setiap kejadian yang dilaporkan.

Kata kunci; keselamatan pasien, budaya keselamatan pasien, kinerja, insiden keselamatan pasien

Article Details

How to Cite
Hardy, D. K., Yudha, N., & Sarikumpul, N. (2020). IMPLEMENTASI BUDAYA KESELAMATAN PASIEN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI RSUD WANGAYA KOTA DENPASAR. Jurnal Kesehatan Terpadu, 4(2), 57–63. https://doi.org/10.36002/jkt.v4i2.1344
Section
Articles

References

Anggraeni, D., Ahsan, A. and Azzuhri, M., 2016. Pengaruh Budaya Keselamatan Pasien terhadap Sikap Melaporkan Insiden pada Perawat di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Tk. II dr. Soepraoen. Jurnal Aplikasi Manajemen, [online] 14(2), pp.309–321. Available at: <http://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/891>.

Arikunto, S., 2010. prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. rineka cipta.

Athifah, N., Pasinringi, S.A. and Kapalawi, I., 2014. Gambaran Budaya Keselamatan Pasien di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa. Repository Unhas, pp.1–16.

Basabih, M., 2014. Perlukah Keselamatan Pasien Menjadi Indikator Kinerja RS BLU ? Should Patient Safety Be a Performance Indicator of RS BLU ? Jurnal ARSI, (021), pp.150–157.

Cahyono, J.. S.B., 2008. membangun budaya keselamatan pasien dalam praktik kedokteran. 5th, 2012th ed. Yogyakarta: kanisius.

Christiana, E., Sofoewan, S. and Fitriani, H., 2017. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Tenaga Kesehatan Dalam Pelayanan Antenatal Care Terpadu. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah, [online] 12(2), pp.135–142. Available at: <https://ejournal.unisayogya.ac.id/ejournal/index.php/jkk/article/view/294/146>.

departemen kesehatan RI, 2006. panduan nasional keselamatan pasien rumah sakit utamakan keselamatan pasien. 2nd ed. Jakarta.

Dewi, N.M.D.A.P., 2014. penilaian kinerja berdasarkan keuangan dan non-keuangan rumah sakit umum daerah wangaya. Universitas Udayana, [online] 3, pp.761–777. Available at: <http://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/viewFile/7625/6908>.

Elrifda, S., 2011. Budaya Patient Safety dan Karakteristik Kesalahan Pelayanan : Implikasi Kebijakan di Salah Satu Rumah Sakit di Kota Jambi. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 6(2), pp.67–76.

Evita, S.N., Muizu, W.O.Z. and Atmojo, R.T.W., 2017. Penilaian kinerja karyawan dengan menggunakan metode behaviorally anchor rating scale dan management by objectives. Pekbis Jurnal, 9(1), pp.18–32.

Fadhilah Bea, I., Pasinringi, S.A. and Noor, N.B., 2013. Gambaran Budaya Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Tahun 2013 Description of Patient Safety Culture At Hasanuddin University Hospital in 2013. pp.1–14.

Fathoni and S, I.K., 2003. Analisis Penilaian Kinerja Rumah Sakit dengan Penerapan Balanced Scorecard (Studi Kasus Rumah ‘ABC’). Jurnal Sistem Informasi, 2, pp.48–57.

Hamdani, S., 2007. analisis budaya keselamatan pasien (patient safety Culture) di Rumah Sakit Islam Jakarta tahun 2007. UI.

Hertanto, E., 2015. kuesioner kinerja karyawan (model chester I. barnard).

Komite PMKP, 2018. laporan komite peningkatan mutu dan keselamatan pasien (PMKP) RSUD Wangaya semester I 2018.

Komite Keselamatan Pasien Rumah Sakit (KKP-RS).Laporan Insiden Keselamatan Pasien. 2011. [diakses 04 Januari 2017]. Available at: http://www.inapatsafety-persi.or.id

Mainun, N. and Yeliana, A., 2016. Kinerja Keperawatan di Rumah Sakit Bhayangkara Pekanbaru The Performance Of Nursing In Hospital Bhayangkara Pekanbaru. Jurnal Kesehatan Komunitas, 3(2), pp.65–68.

Notoatmojo, 2010. metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: rineka cipta.

Peraturan Menteri Kesehatan No.11 tahun 2017 tentang Keselamatan Pasien.

Rahardi, D.R., 2010. Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia. In: Applied Physics A: Materials Science and Processing. pp.1–189.

Rasmal, D., 2015. 16/41935.pdf Koleksi Perpustakaan Universitas terbuka. Universitas Terbuka Jakarta.

Romi, B., 2012. pengaruh budaya keselamatan pasien, gaya kepemimpinan, tim kerja, terhadap persepsi pelaporan kesalahan pelayanan oleh perawat di unit rawat inap RSUD kabupaten bekasi tahun2011. UI.

Rosyada, ا.D., 2014. Gambaran Budaya Keselamatan Pasien Pada Perawat Unit Rawat Inap Kelas III RSUD Pasar Rebo Bulan Juni Tahun 2014. 8(33), p.44.

Ulfa, M., 2015. Aanalisis Pengukuran Kinerja Karyawan Dengan Metode Human Resources ScoreCard Di BMT Logam Mulia. Jurnal Ekonomi Syariah, 3(2), pp.311–339.

Wibowo, 2012. manajemen kinerja. Jakarta: PT. Raja Granfindo Persada.

Yahya, A.A., 2017. Materi Workshop Keselamatan Pasien dan Manajemen Risiko di Rumah Sakit.