PEMBERIAN KEGIATAN BERMAIN KOLASE MENINGKATKAN KOORDINASI MATA DAN TANGAN PADA ANAK DI TK PRADNYANDARI I KEROBOKAN, KUTA UTARA, KABUPATEN BADUNG, BALI

Main Article Content

I Gusti Ayu Agung Tania Devianitha
I Gede Arya Sena
Anak Agung Ayu Putri Permatasari

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan pada masa kanak – kanak yaitu pada usia 5 sampai dengan 6 tahun sangat pesat, dimana anak mampu mengkoordinasikan gerakan mata dan tangan dengan baik. Untuk meningkatkan koordinasi mata dan tangan perlu diberikan stimulasi, salah satu stimulasi yang dapat diberikan pada anak usia 5 sampai dengan 6 tahun adalah dengan bermain kolase. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberian kegiatan bermain kolase dapat meningkatkan koordinasi mata dan tangan pada anak di TK Pradnyandari I Kerobokan, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali. Rancangan penelitian pada penelitian ini adalah pre eksprerimental dengan One Group Pretest – Posttest Design. Lokasi penelitian bertempat di TK Pradnyandari I Kerobokan, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali dengan waktu penelitian selama 3 minggu. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang anak usia 5 sampai dengan 6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan uji statistik paired samples t-test diperoleh nilai p sebesar 0,001 dengan tingkat kemaknaan p<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian kegiatan bermain kolase dapat meningkatkan kemampuan koordinasi mata dan tangan pada anak usia 5 sampai dengan 6 tahun di TK Pradnyandari I, Kabupaten Badung, Bali.

Kata Kunci : Anak, Koordinasi, Kolase

Article Details

How to Cite
Devianitha, I. G. A. A. T., Sena, I. G. A., & Permatasari, A. A. A. P. (2021). PEMBERIAN KEGIATAN BERMAIN KOLASE MENINGKATKAN KOORDINASI MATA DAN TANGAN PADA ANAK DI TK PRADNYANDARI I KEROBOKAN, KUTA UTARA, KABUPATEN BADUNG, BALI. Jurnal Kesehatan Terpadu, 4(2), 83–88. https://doi.org/10.36002/jkt.v4i2.1360
Section
Articles

References

Jawati, R., 2013. Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Ludo Geometri Di PAUD Habibul Ummi II (SPEKTRUM PLS Vol. 1 No. 1 April 2013) [E-journal]. Medan : Universitas Negeri Padang.

Khadijah, Hj., 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Cet. 1. Medan : Perdana Publishing.

Ningsih, Setia A., 2015. Identifikasi Perkembangan Keterampilan Motorik Halus Anak Dalam Berbagai Kegiatan Main Di Kelompok B TK Se-Gugus Parkit Banyuurip Purworejo [E-journal]. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Nur, A., 2016. Pengaruh Kegiatan Bermain Kolase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B Di TK Al-Azhar 7 Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016 [E-journal]. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Steward Oswald., 2012. Functional

Neuroscience. First Edition. USA

UU No 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Presiden Republik Indonesia.

Widyawati, Y., 2015. Naskah Publikasi Pengaruh Senam Otak Terhadap Koordinasi Antara Mata Dan Tangan Anak – Anak TK Al-Firdaus Majalengka [E-journal]. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta. Fakultas Ilmu Kesehatan.

Yuniarti, D., 2014. Naskah Publikasi Ilmiah. Pengaruh Permainan Kolase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B (Penelitian di TK Pertiwi II Jambeyan, Karanganom, Klaten, Tahun Pelajaran 2013/2014) [E-journal]. Surakarta : Universitas Muhamma

diyah Surakarta.