EKSPOSISI KUALITAS AIR LAUT PADA PERAIRAN TELUK BENOA, BALI

Main Article Content

Rahmadi Prasetijo

Abstract

Beban daya tampung perairan Teluk Benoa sebagai penyangga berbagai fungsi pemanfaatan perairan, seperti fungsi sebagai pelabuhan utama di Bali dengan berbagai limbah cair dari kapal dan berbagai pendukung limbah transportasi lainya, sebagai tampungan aliran buangan limbah cair industri perikanan dan sebagai perairan pendukung Pariwisata bahari, namun perairan Teluk Benoa ini dikelilingi oleh hutan mangrove yang sangat lebat menjadikan perairan ini sangat unik dan menarik untuk dikaji. Penelitian mengenai eksposisi kualitas air laut pada perairan Teluk Benoa telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status mutu perairan Teluk Benoa dan telah dilakukan selama tiga bulan yaitu bulan Maret, April dan Juni 2019. Dalam penelitian dibahas kualitas perairan Teluk Benoa ditinjau dari parameter fisik, kimia dan biologi yang diambil dari beberapa lokasi sampling di daerah Teluk Benoa. Selanjutnya hasil tersebut dianalisis dengan metode Storet menggunakan baku mutu perairan wisata bahari. Hasil analisis menunjukkan beberapa parameter masih berada diatas baku mutu perairan wisata bahari, diantaranya kecerahan, nitrit, detergen, ammonia, minyak lemak dan fenol. Hasil penilaian Storet untuk wilayah perairan Teluk Benoa memiliki status mutu buruk jika digunakan sebagai perairan wisata bahari karena memiliki skor lebih dari -31 dan dikategorikan tercemar berat.

Kata kunci: Kualitas air, Teluk Benoa, Metode Storet.

Article Details

How to Cite
Prasetijo, R. (2021). EKSPOSISI KUALITAS AIR LAUT PADA PERAIRAN TELUK BENOA, BALI. Jurnal Kesehatan Terpadu, 5(1), 6–13. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/kesehatan/article/view/1393
Section
Articles

References

Al Tanto, T., Putra, A., Kusumah, G., Farhan, A.R., Pranowo, W.S. and Husrin, S., 2017. Pendugaan Laju Sedimentasi Di Perairan Teluk Benoa-Bali Berdasarkan Citra Satelit. Jurnal Kelautan Nasional, 12(3), pp.101-107.

Arnop, O., Budiyanto, B. and Saefuddin, R., 2019. Kajian Evaluasi Mutu Sungai Nelas dengan Metode Storet dan Indeks Pencemaran. Naturalis: Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, 8(1), pp.15-24.

Asuhadi, S., Arafah, N. and Amir, A.B., 2019. Kajian terhadap potensi bahaya senyawa fenol di perairan laut wangi-wangi. Jurnal Ecogreen, 5(1), pp.49-55.

Esta, K.A., Suarya, P. and Suastuti, N.G.D.A., 2016. Penentuan Status Mutu Air Tukad Yeh Poh Dengan Metode Storet. Jurnal Kimia (Journal of Chemistry).

Hamuna, B., Tanjung, R.H., Suwito, S. and Maury, H.K., 2018. Konsentrasi Amoniak, Nitrat dan Fosfat di Perairan Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura. EnviroScienteae, 14(1), pp.8-15.

Karang, I.W.G., 2016. Karakterisitk Pantulan Spektral Citra Landsat 8 Pada Area Pasang Surut: Studi KasusTeluk Benoa, Bali. Journal of Marine and Aquatic Sciences, 2(2), pp.60-66.

Katili, V.R.A., Koroy, K. and Lukman, M., 2020. Water Quality Based on Chemical Physics Parameters in Daruba Morotai Island Regency. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 13(2), pp.413-418.

Muhtadi, A., Yunasfi, Y., Ma'rufi, M. and Rizki, A., 2017. Morfometri dan Daya Tampung Beban Pencemaran Danau Pondok Lapan di Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. OLDI (Oseanologi dan Limnologi di Indonesia), 2(2), pp.49-63.

Rahayu, N.W.S.T., Hendrawan, I.G. and Suteja, Y., 2018. Distribusi Nitrat dan Fosfat Secara Spasial dan Temporal Saat Musim Barat di Permukaan Perairan Teluk Benoa, Bali. Journal of Marine and Aquatic Sciences, 4(1), pp.1-13.

Risamasu, F.J. and Prayitno, H.B., 2011. Kajian zat hara fosfat, nitrit, nitrat dan silikat di perairan Kepulauan Matasiri, Kalimantan Selatan. ILMU KELAUTAN: Indonesian Journal of Marine Sciences, 16(3), pp.135-142.

Risuana, I.G.S., Hendrawan, I.G. and Suteja, Y., 2017. Distribusi spasial total padatan tersuspensi puncak musim hujan di permukaan perairan Teluk Benoa, Bali. Journal of Marine and Aquatic Sciences, 3(2), pp.223-232.

Sarbidi, M.T., Pengaruh Rob Pada Permukiman Pantai (Kasus Semarang). Proceeding–Kerugian pada Bangunan dan Kawasan Akibat Kenaikan Muka Air Laut pada Kota-Kota Pantai di Indonesia.

Sudiarta, K., Hendrawan, I.G., Putra, K.S. and Dewantama, I.M.I., 2013. Kajian Modeling Dampak Perubahan Fungsi Teluk Benoa untuk Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System) dalam Jejaring KKP Bali. Jakarta. Laporan Conservation International Indonesia (CII).