DETERMINAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TILAMUTA KABUPATEN BOALEMO PROVINSI GORONTALO TAHUN 2022

Main Article Content

Zul Adhayani Arda
Franning Deisi Badu
Made Nyandra
Nurain Labaco

Abstract

WHO memperkirakan 1,13 miliar atau sekitar 15% orang di seluruh dunia menderita hipertensi, dan dua pertiganya tinggal di negara berpenghasilan rendah dan menengah. Hipertensi membunuh hampir 9,4 juta orang setiap tahun secara global dengan kejadian yang terus meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui determinan kejadian hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Tilamuta Kabupaten Boalemo Tahun 2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian cross sectional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lansia di wilayah Kerja Puskesmas Tilamuta Kabupaten Boalemo. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 352 lansia yang dipilih secara simple random sampling. Analisis data bivariat. Hasil penelitian ini menggunakan uji chi square menunjukan hipertensi 64,8% responden penderita hipertensi 35.2%. Analisis bivariat menunjukan adanya hubungan Riwayat keluarga (p=0,004),obesitas (p=0,000), junk food (p=0,009), stres (p=0,000), konsumsi alkohol (p=0,002), konsumsi kopi (p=0,001) dengan kejadian hipertensi pada lansia. Sedangkan untuk hubungan umur (p=0,244), jenis kelamin (p=0,694), aktivitas fisik, (p=0,077), dan kebiasaan merokok tidak berhubungan (p=0,190) dengan kejadian hipertensi pada lansia. Perlu upaya peningkatkan promosi terhadap pola makan yang sehat untuk lansia, seperti lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah.

Kata kunci: Determinan, Gaya Hidup, Hipertensi, Lansia.

Article Details

How to Cite
Arda, Z. A., Badu, F. D., Nyandra, M., & Labaco, N. (2022). DETERMINAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TILAMUTA KABUPATEN BOALEMO PROVINSI GORONTALO TAHUN 2022. Jurnal Kesehatan Terpadu, 6(2), 45–54. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/kesehatan/article/view/2378
Section
Articles

References

American Health Association (2018). Obecity-Induced Hypertension. Retrieved from.

Bianti Nuraini (2015). Risk Factors of Hypertension. J Majoriti 4 (5)

Coroline, S., Jackosn, & Yulia I. D. (2018). Hubungan Pengetahuan Tentang Hipertensi Dengan Perilaku Pencegahan Kekambuhan Hipertensi Pada Lansia. JIM FKp, 5(2).

Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. (2021). Data Hipertensi.

Husain K ansari, R. A & Ferder, L. (2014). Alcoho-induced Hypertension: Mechanism and Prevention. Word Journal of Cardiology (WJC), (6) 5.

Idha Kurniasih, Santoso Ningtrum, Andi Buana Saun. (2019). Korelasi Umur Dan Jenis Kelamin Dengan Penyakit Hipertensi Di Emergency Center Unit Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang 2018. Indonesia Jurnal Perawat, 3 (1)

Kemenkes RI. (2019). Apakah Komplikasi Berbahaya Dari Hipertensi. Jakarta : Program Pemberantasan Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kemenkes RI.

Kemenkes, RI. (2019). Faktor Risiko Penyebab Hipertensi. Jakarta : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Larasati, D. D. S. (2014). Hubungan Antara Stres Dan Kejadian Hipertensi Pada Perawat Di Rs Pku Muhammadiyah Surakarta.

Pinontoan, J. J., Kandou, G. D., Kaunang, W. P. J., Kesehatan, F., Universitas, M., & Ratulangi,S. (2017). Hubungan Antara Faktor Risiko Dengan Kejadian Hipertensi Pada Laki-Laki di Wilayah Masyarakat Pesisir Desa Marinsow Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara Tahun 2017.

Purwanti, R.T. (2018). Hubungan Kebiasaan Merokok Dengan Terjadinya Hipertensi Pada Pegawai CV Lusindo Desa Sukadanau Cikarang Barat.

Puskesmas Tilamuta., (2021). Laporan Penderita Hipertensi.

Rahma, N. M. (2017). Gambaran Gaya Hdup Penderita Hipertensi Pada Masyarkat. Semarang : Departemen Ilmu Keperawatan Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang.

Rantiningsih Sumarni, Edi Sampurno, Veriani Aprilia. (2015). Konsumsi Junk food Berhubungan Dengan Hipertensi Pada Lansia Di Kecamatan Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia 3 (2)

Riskesddas. (2018). Faktor Yang Berhubungan Dengan Hipertensi.

Safitri, N. (2016). Analisis Faktor Risiko Kejadian Hipertensi Pada Masyarakat Di Pesisir Sungai Siak Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru, 3(1).

Santosa., Chasani & Pramudo. (2020). Gender differences and determinants of prevalence, awareness, treatment and control of hypertension among adults in China and Sweden. BMC Public Health (2020).

Sari, Y. K., & Susanti, E. T. (2018). Hubungan Jenis Kelamin Dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia di Puskesmas Nglegok Kabupaten Blitar (The correlation of Sexes and Hypertension of Elderly in Nglegok Public Health Centre Kabupaten Blitar).

Sulastri & Rahmi Ramadhani. (2019). Hubungan Obesitas Dengan Kejadian Hipertensi Pada Masyarakat Etnik Minangkabau Di Kota Padang.