ANALISIS FITUR SEMANTIK DALAM PENGAJARAN KATEGORI KATA BAHASA INGGRIS

Main Article Content

Gek Wulan Novi Utami

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah menunjukkan pengaplikasian strategi analisis fitur semantik (AFS)
untuk memudahkan pengajaran kategori kata bahasa Inggris bagi pembelajar muda. Data
penelitian ini adalah data tertulis berupa jawaban soal dari pembelajar dan catatan-catatan yang
peneliti tulis saat terjadinya proses pembelajaran dan tanya jawab. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode observasi
dibantu dengan teknik catat. Dari penelitian ini diketahui bahwa kosakata berkategori nomina
lebih banyak dikuasai dan lebih mudah dipahami daripada dua kategori lainnya: verba dan
adjektiva. Pembelajar muda memperlihatkan komprehensivitas melalui contoh yang mereka
berikan sesuai kategori dan fitur-fitur terkait.
Kata Kunci: Analisis Fitur Semantik, kosakata, kelas kata bahasa Inggris, TEFL, pembelajar
muda
ABSTRACT
The aim of this research is to demonstrate that the application of Semantic Feature Analysis
(SFA) facilitates teaching and learning English word class for young learners. The data is
derived from written data in the form of answers of some related questions and some notes that
rearchers wrote during the learning process and Questions and Ask session. This is a descriptive
qualitative research. Data was collected by observation method that supoorted by note-taking
technique. This research found that nouns in the English word class are more acquired than two
others categories, i.e. verbs and adjectives. The young learners demonstrates their
comprehensiveness with providing some examples according to related categories and features.
Keywords: Semantic Feature Analysis, vocabulary, English class word, TEFL, young learners

Article Details

How to Cite
Novi Utami, G. W. (2020). ANALISIS FITUR SEMANTIK DALAM PENGAJARAN KATEGORI KATA BAHASA INGGRIS. LITERA : Jurnal Litera Bahasa Dan Sastra, 6(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/litera/article/view/1134
Section
Articles