PELATIHAN BAHASA INGGRIS DI PANTI ASUHAN HINDU SUNYA GIRI DENPASAR

Authors

  • Ni Wayan Suastini
  • Ni Made Verayanti Utami

DOI:

https://doi.org/10.36002/litera.v5i1.702

Abstract

ABSTRAK
Kegiatan penelitian ini merupakan bentuk dari pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian
ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan bahasa Inggris yang diberikan kepada anak-anak di panti
asuhan Hindu Sunya Giri Denpasar. Tujuan dari diadakannya pelatihan ini adalah untuk
memberikan pelajaran tambahan (dalam hal ini bahasa Inggris general) kepada anak-anak di panti
asuhan hindu Sunya Giriri Denpasar agar mereka memiliki kompetensi sehingga bisa mandiri dan
mampu bersaing di era globalisasi ini. Anak-anak yang akan mengikuti pelatihan ini terdiri dari
anak yang berisua sebelas sampai tujuh belas tahun dan memiliki kemampuan yang berbeda.
Perbedaan kemampuan yang dimiliki setiap anak membutuhkan suatu metode pembelajaran
tertentu dalam pencapaian belajar, oleh karena itu pelatihan bahasa Inggris ini juga akan mencoba
aplikasi dari metode role play (bermain peran). Pengukuran kemampuan awal berbahasa Inggris
kelompok sasaran ini dilakukan melalui pre-test sebelum pelatihan dimulai. Setelah diperoleh nilai
pasti yang menjadi tolak ukur kemampuan anak-anak maka dapat ditentukan materi pelatihan yang
akan diberikan. Tingkat keberhasilan pelatihan ini kemudian diukur kembali dengan test praktek
langsung.
Kata kunci: pelatihan, bahasa inggris, panti asuhan, role play
ABSTRACT
This research activity is a form of community service. This service was carried out in the form of
English language training given to children in the Hindu Sunya Giri Denpasar orphanage. The
purpose of this training was to provide additional lessons (in this case general English) to children
in the Hindu Sunya Giriri orphanage so that they have competence so they can be independent
and able to compete in this era of globalization. Children who will take part in the training consist
of children who are eleven to seventeen years old and have different abilities. The different abilities
possessed by each child requires a particular learning method in achieving learning, therefore
this English language training will also try the application of the role play method. The
measurement of the initial English proficiency of the target group is done through a pre-test before
the training begins. After obtaining a definite value that becomes a benchmark for the ability of
children, training materials will be determined. The level of success of this training is then remeasured
with a direct practice test.
Keywords: training, English, orphanages, role play

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Additional Files

Published

2019-05-17

How to Cite

Suastini, N. W., & Utami, N. M. V. (2019). PELATIHAN BAHASA INGGRIS DI PANTI ASUHAN HINDU SUNYA GIRI DENPASAR. LITERA : Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(1). https://doi.org/10.36002/litera.v5i1.702

Most read articles by the same author(s)