PENERAPAN TEKNIK ROLE PLAY DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS SEBELAS TERHADAP KEANEKARAGAMAN PERSONALITY TYPES DI SMK PARIWISATA TRIATMA JAYA BADUNG
DOI:
https://doi.org/10.36002/litera.v5i2.908Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini membahas Tipe Kepribadian pada kompetensi berbicara. Secara khusus,
penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah ada siswa yang membantunya menggunakan
peran bermain dan teknik konvensional yang ia miliki (a) perbedaan signifikan dalam
kompetensi berbicara, (b) perbedaan signifikan dalam kompetensi berbicara siswa ekstrovert
dan introvert, ( c) efek interaksi antara teknik kompetensi berbicara pada kompetensi berbicara,
(d) perbedaan signifikan dalam kompetensi berbicara siswa ekstrovert dan (e) perbedaan
signifikan dalam kompetensi berbicara siswa introvert. Penelitian ini akan dilakukan di
Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia. Sebutkan bahwa desain kelompok
kontrol Post-test only mempertimbangkan dua kelompok di mana salah satu dari mereka
menerima bantuan eksperimental, sedangkan yang lain tidak. Pada akhirnya, kedua kelompok
diberi post-test. Setelah disetujui, siswa diberi perhatian. Kelompok eksperimen yang berjudul
Peran Teknik Bermain dan kelompok kontrol menang dengan teknik konvensional dalam
bentuk mata bor. Perawatan berlangsung selama 8 pertemuan. Pada akhir kelas kedua tes
kompetensi berbicara diberikan. Setelah itu, data akan digabungkan dan dianalisis secara
inferensial. Analisis inferensial dilakukan untuk menguji hipotesis penelitian dan untuk
menjawab pertanyaan penelitian untuk penelitian ini.
Kata Kunci: Role Play, Kompetensi Berbicara Bahasa Inggris, Tipe Kepribadian.
ABSTRACT
This study discusses Personality Type on speaking competence. Specifically, this study
aims to investigate whether any of the students helped him use the role of play and the
conventional techniques he possessed (a) significant differences in speaking competency, (b)
significant differences in the speaking competence of extroverted and introverted students, (c)
the interaction effect between speaking competency techniques on speaking competencies, (d)
significant differences in speaking competence of extroverted students and (e) significant
differences in speaking competencies of introverted students. This research will be conducted
on Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia. State that Post-test only control
group design considers two groups where one of them receives experimental assistance, while
the other does not. In the end, the two groups were given a post-test. After approval, students
are given care. The experimental group entitled Role of Playing Techniques and control groups
won with conventional techniques in the form of drill bits. The treatment lasts for 8 meetings.
At the end of the second class a speaking competency test was given. After that, the data will
be combined and analyzed inferentially. Inferential analysis is done to test the research
hypothesis and to answer the research questions for this study.
Keywords: Role Play, English Speaking Competency, Personality Types
Downloads
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.