MODEL KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DIALOG BAHASA INGGRIS MAHASISWA AKADEMI KOMUNITAS MANAJEMEN PERHOTELAN INDONESIA

Authors

  • Ni Putu Lindawati
  • Retny Asriyani
  • I Wayan Agus Anggayana

DOI:

https://doi.org/10.36002/litera.v4i1.594

Abstract

ABSTRACT
The cooperative learning model think-pair-share aimed to influence student interaction. The highest score
of pre-action student’ writing was 65.0, the lowest score 58.3. All students score below the Minimum
Criterion Score ≥68. Error writing on mechanical aspects, grammar, vocabulary, developing idea. Increased
in cycle I reaching Minimum Criterion Score: (1) average score on mechanical aspect 65.0; (2) average
score on grammatical aspects 70.8; (3) average score on idea 83.3; (4) average score on vocabulary 71.4;
total mean score in cycle I 74.0. The acquisition of the score was sufficiently completed, so it was decided
ending the activities in cycle I.
Keywords: cooperative model, writing skill, think-pair-share
ABSTRAK
Model pembelajaran kooperatif think-pair-share bertujuan untuk memengaruhi pola interaksi mahasiswa.
Nilai tertinggi tahap pratindakan mahasiswa menulis karangan dialog 65.0, nilai terendah 58.3. Semua
mahasiswa mendapat nilai di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimum ≥68. Kesalahan penulisan pada
aspek mekanik, tata bahasa, kosakata, pengembangan ide. Peningkatan siklus I yang mencapai KKM: (1)
Nilai rerata pada aspek mekanik 65.0; (2) Nilai rerata pada aspek tata bahasa 70.8; (3) Nilai rerata pada
aspek ide 83.3; (4) Nilai rerata pada aspek kosakata 71.4; Total nilai rerata pada siklus I 74.0. Perolehan
nilai tersebut sudah cukup sepenuhnya sehingga diputuskan untuk menyudahi kegiatan pada siklus I.
Kata Kunci: model kooperatif, kemampuan menulis, think-pair-share

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Additional Files

Published

2019-01-29

How to Cite

Lindawati, N. P., Asriyani, R., & Anggayana, I. W. A. (2019). MODEL KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DIALOG BAHASA INGGRIS MAHASISWA AKADEMI KOMUNITAS MANAJEMEN PERHOTELAN INDONESIA. LITERA : Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(1). https://doi.org/10.36002/litera.v4i1.594

Most read articles by the same author(s)