Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Paradharma (Jurnal Aplikasi IPTEK)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Jurnal Paradharma menerima naskah hasil pengabdian masyarakat yang belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dalam proses penerbitan dijurnal manapun. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu bulan April dan Oktober pada tahun berjalan. Naskah disusun dalam Bahasa Indonesia yang baku sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan atau dalam Bahasa Inggris dengan maksimal 15 halaman per artikel (termasuk gambar dan tabel). Penulisan naskah menggunakan font/huruf Times New Roman dengan Size 11 pt dan dalam bentuk format 2 (dua) kolom kecuali abstrak dalam bentuk satu kolom. Naskah yang dikirimkan dalam bentuk softcopy Word Document (doc.) atau Rich Text Format (rtf.) dengan ukuran Kertas A4, 1 (satu) spasi, dan ukuran margin 3 cm.

 

Format Artikel:

1. Judul (Title)

2. Abstrak Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

4. Pendahuluan (Introduction)

5. Solusi dan Target Luaran (Solution and Output Targets)

6. Metode Pelaksanaan (Implementation Methods)

7. Hasil dan Pembahasan (Result and Discussion)

8. Simpulan dan Implikasi (Conclusion and Implication)

9. Daftar Pustaka (References)

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Judul (Title page):

    a. Judul 14 pt, bold, di tengah

    b. Nama penulis 12 pt

    c. Nama Instansi/lembaga 10 pt

    d. email/tlp 10 pt

    Judul harus relatif singkat tapi informatif. Setiap penulis harus memberikan nama lengkap mereka (tanpa gelar) diikuti dengan alamat instansi/lembaga dan email. Penulis utama harus ditandai dengan tanda nomor (sebagai penulis corespodensi). Selain itu, penulis utama harus menyertakan alamat, telepon/ E-mail di bawah penulis sesuai nama. Jika salah satu ko-penulis dari berbagai organisasi, alamat juga harus disebutkan dan ditunjukkan menggunakan nomor setelah nama penulis.

  2. Abstrak (Abstract) :

    Abstrak terdiri dari maksimal 250 kata, secara singkat dan jelas mengutarakan solusi dan target luaran, metode pelaksanaan, dan hasil. Abstrak ditulis dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, diketik dengan jarak 1 spasi. Kata kunci ditulis dibawah pada masing-masing abstrak dan terdiri dari 3-6 kata, atau kata majemuk/prasa. Abstrak dibuat dalam bentuk satu paragraf dengan format satu kolom, font Times New Roman 11 pt.

  3. Pendahuluan (Introduction):

    Memberikan penjelasan singkat dari latar belakang, dasar pemikiran, maksud dan tujuan pengabdian masyarakat yang disajikan di naskah. Pendahuluan dibuat dalam bentuk dua kolom, font times new roman 11 pt.

  4. Solusi dan Target Luaran (Solution and Output Targets):

    Solusi merupakan uraian metode pendekatan yang ditawarkan untuk mendukung realisasi pelaksanaan pengabdian masyarakat, rencana kegiatan yang menunjukkan langkah – langkah solusi atas persoalan yang disepakati bersama, dan diuraikan bagaimana partisipasi mitra dalam pelaksanaan program. Taget Luaran merupakan uraian tentang jenis luaran yang akan dihasilkan sesuai dengan rencana kegiatan, dan dapat berupa barang atau sertifikat atau sejenisnya. Metode dibuat dalam bentuk dua kolom, font Times New Roman 11 pt.

  5. Metode Pelaksanaan (Implementation Methods) :

    Metode yang digunakan harus diuraikan secara singkat, dan mengutip referensi. Metode baru atau modifikasi atau diubah dapat dijelaskan secara rinci. Metode statistik dan tingkat signifikansi yang dipilih harus dinyatakan secara jelas. Metode dibuat dalam bentuk dua kolom, font Times New Roman 11 pt.

  6. Hasil (Results) dan Pembahasan (Discussion) :

    Hasil merupakan bagian yang menjelaskan dan interpretasi hasil pengabdian masyarakat untuk memungkinkan pembaca memahami informasi apa yang diperoleh dalam pengamatan atau percobaan. Semua tabel dan gambar harus dirujuk dalam teks. Tabel dibuat dengan bentuk terbuka dan diberi judul singkat tentang isi tabel. Keterangan isi tabel, bila diperlukan, dicantumkan sebagai catatan kaki, diberi nomor yang diikuti kurung tutup (nomor keterangan diketik sebagai superscript, misalnya 1),2), dan seterusnya).

    Pembahasan merupakan bagian yang menjelaskan dan interpretasi dari hasil yang diperoleh dalam perspektif hasil pengabdian masyarakat sebelumnya dan pengabdian masyarakat saat ini yang relevan dengan hasil pengabdian masyarakat ini. Memastikan bahwa hasil dari masing-masing tujuan dinyatakan dan diinterpretasikan.

    Hasil dan Pembahasan dibuat dalam bentuk dua kolom, font Times New Roman 11 pt.

  7. Simpulan (Conclusion) dan Implikasi (Implication) :

    Bagian ini memuat kesimpulan singkat dari tujuan dan hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh. Implikasi memuat tentang dampak atau konsekuensi langsung temuan yang diperoleh dari pengabdian masyarakat yang telah dilakukan. Kesimpulan dan Implikasi dibuat dalam bentuk essay satu paragraph dan tidak dalam bentuk penomoran.
  8. Daftar Pustaka (References):

    Daftar  pustaka  menggunakan format APA styleyaitu disusun berdasarkan urutan abjad nama akhir penulis pertama. Nama penulis pertama dan berikutnya merupakan nama akhir yang diikuti nama pertama dan nama tengah (disingkat). Disusun berdasarkan urutan alphabet. Sumber rujukan diharapkan sekurangnya 80% berupa pustaka terbitan 10 

    tahun terakhir. Rujukan minimal 50% berupa artikel-artikel pengabdian masyarakat atau penelitian dalam jurnal atau laporan pengabdian masyarakat dan penelitian. Hanya pustaka yang disitasi dalam naskah yang ditulis dalam daftar pustaka. Berikut contoh penulisan daftar pustaka :

     

    Buku :

    Boertjes, C. (1989). Mutations In Vegetatively Propagated Crops. USA: Timber Press.

     

    Bab dalam Buku :

    Gamborg, O.L.  (1981).  Nutrition, media and characteristic of plant cell and tissue culturesIn T.A. Torpe (ed).  Plant Tissue Culture: Methods and Aplication in Agriculture.  Acd. Press.

     

    Artikel  dalam Jurnal :

    William, A.S., & Rheyne, G. (2005). Effect of Global Warming on Chlorophyll Concentration in the Indonesian Forest. J. Biosci., 3(2), 55-65.

     

    Artikel dari Internet:

    Moorgan, C., & Tya, K.Y.(2006).  Importance of alternative food resources for browsing by roe deer on deciduous trees: The role of food availability and species quality. Forest Ecology and Management (226): 248–255. Available from: http://www.sceincedirect.com/fem/Jou-02.html.

     

    Artikel dalam Buku/Prosiding :

    Dian, P.S. (2004). Potensi pemanfaatan biji jarak pagar (Jatropha cusrcas) sebagai bioethanol. Prosiding Konferensi Bioteknologi II Himpunan Bioteknologi Indonesia. Jakarta, 11-15 Agustus 2004. Jakarta: Himpunan Bioteknologi Indonesia. Hlm 60-68.

     

    Skripsi/Thesis/Disertasi :

    Aisyah, S.I. (2006). Induksi Mutagen Fisik pada Anyelir (Dianthus caryopphyllus Linn.) dan Pengujian Stabilitas Mutannya yang Diperbanyak Secara Vegetatif. Disertasi. Bogor: Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

     

    Bila nama penulis tidak dicantumkan dalam penerbitan, dalam daftar pustaka dituliskan nama lembaganya (bukan “Anonim”)

    Contoh:

    TNBB (Taman Nasional Bali barat). (1998). Laporan Inventaris Rusa tImor di Kawasan TNBB. Balai TNBB. Cekik, Negara Bali.

  9. Pengiriman Naskah :

    Pengiriman naskah/artikel dalam bentuk soft copy format doc. Atau rtf dikirim ke email : paradharma.undhirabali@gmail,com dan paradharma@undhirabali.ac.id. Contact person : Eny (08179770263) dan Natalia (085234011174). Naskah/artikel yang tidak dimuat, tidak dikembalikan kecuali atas permintaan penulis. 

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.