Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Peningkatan Pemasaran Usaha Pakaian Tari di Gianyar Bali

Main Article Content

Ni Luh Ayu Kartika Yuniastari Sarja
I Made Ari Santosa

Abstract

ABSTRAK
Usaha pakaian tari merupakan usaha menjanjikan karena di Bali tarian seringkali dipentaskan pada saat acara hiburan, upacara keagamaan ataupun acara nasional. Mitra dalam kegiatan ini adalah Kios Tari Bali yang merupakan pengerajin perlengkapan untuk pakaian tari Bali. Saat ini kendala yang dihadapi adalah manajemen dan pemasaran produk. Pada saat ini, terdapat kendala berupa keterbatasan dalam hal pemasaran. Metode kegiatan dimulai dengan sosialisasi, pelatihan e-commerce, pembuatan dan pelatihan penggunaan website serta evaluasi kegiatan. Tujuan kegiatan adalah membantu mitra dalam memasarkan produk secara online. Setelah dilakukan kegiatan, dihasilkan account e-commerce Bukalapak dan Shopee serta website usaha. Selain itu 100% peserta pelatihan dapat menggunakan e-commerce Bukalapak dan Shopee serta website untuk memasarkan produk.
Kata kunci : Manajemen, Pemasaran, Website, E-commerce, Pengabdian Masyarakat
ABSTRACT
Traditional costume business is a promising business because it’s definitely performed during entertainment events, religious ceremonies or national events. The partner in this activity is the Balinese Dance Kiosk which is a craftsman of Balinese dance apparels. Partner’s obstacles were product management and marketing. Method of activities were started with socialization, e-commerce training, creating website and training how to use the website, and activities evaluation which it aims to help the online marketing. The activities generated e-commerce account such as Bukalapak and Shopee as well as a website. In addition, 100% trainee were able to use Bukalapak, Shopee and the website to market the products.
Key words : Management, Marketing, Website, E-commerce, Community Service

Article Details

How to Cite
Sarja, N. L. A. K. Y., & Santosa, I. M. A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Peningkatan Pemasaran Usaha Pakaian Tari di Gianyar Bali. Paradharma (Jurnal Aplikasi IPTEK), 4(1). https://doi.org/10.36002/jpd.v4i1.1350
Section
Articles