PKM Meningkatkan Pendekatan Nilai Pada Anak Sekolah Dasar di Kelurahan Sesetan dengan Value Clarification Technique (VCT)

Main Article Content

Ni Luh Putu Mery Marlinda
Dwi Novitasari
Ni Luh Putu Labasariyani

Abstract

ABSTRAK
Nilai mempunyai peranan begitu penting dan banyak di dalam hidup manusia, sebab nilai selain sebagai pegangan hidup, menjadi pedoman penyelesaian konflik, motivasi dan mengarahkan hidup manusia. Namun seiring perkembangan media teknologi, nilai-nilai pada anak sekolah dasar mulai mengalami penurunan. Hal ini dikaji berdasarkan banyaknya kasus bullying di sekolah dasar. Melalui organisasi seperti Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) khususnya di desa Sesetan. Selain menangani masalah kekerasan pada anak, organisasi ini juga memiliki kegiatan sosialisasi untuk membantu guru menangani masalah norma di sekolah. Terutama masalah bullying, penelitian ini menekankan pada sosialisasi dengan pendekatan value clarification technique (VCT). Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan kesadaran siswa di lingkungan sekolah dasar di desa Sesetan untuk lebih menghargai teman dan juga para guru serta orangtua siswa lebih mengetahui apa itu PATBM. Hasil wawancara dengan mitra dan guru ataupun elemen sekolah tentang kegiatan PKM ini rata-rata responden yang diwawancara memberikan komentar dan jawaban yang positif mengenai pendekatan nilai yang bisa diterapkan dalam pembelajaran tidak hanya dalam sosialisasi. Langkah-langkah penerapan VCT dalam sosialisasi juga dapat diterapkan dalam pembuatan RPP.
Kata kunci : nilai, VCT, organisasi PATBM, bullying
ABSTRACT
Value has such an important role in human life, because the value of life becomes a guideline for conflict resolution, motivation and directing human life. As media technology develops, students’ grades in elementary school begin to decline. This is based on the number of bullying cases in primary schools through organizations such as Community Based Integrated Child Protection or in Indonesian Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) especially in Sesetan village. In addition to addressing the problem of child abuse, the organization also has socialization activities to help teachers deal with norms in schools. Especially the bullying problem, this study emphasizes on socialization with value clarification technique (VCT) approach.The result of this study is to increase student awareness in elementary school environment in Sesetan village to put more appreciation to their friends and also teachers and parents know more about what PATBM is. As a result of interviews with partners and teachers or school elements about PKM activities, the average respondent interviewed gave positive comments and answers about the value approach that can be applied in learning not only in socialization. Steps to implement VCT in socialization can also be applied in the manufacture of RPP.
Keywords: value, VCT, organization of PATBM, bullying

Article Details

How to Cite
Marlinda, N. L. P. M., Novitasari, D., & Labasariyani, N. L. P. (2021). PKM Meningkatkan Pendekatan Nilai Pada Anak Sekolah Dasar di Kelurahan Sesetan dengan Value Clarification Technique (VCT). Paradharma (Jurnal Aplikasi IPTEK), 5(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/para_dharma/article/view/1436
Section
Articles