Pelatihan Pemanfaatan Web-product Profilling Sebagai Media Pemasaran Pada UKM Keris Bali

Main Article Content

Ni Luh Putri Srinadi
Gde Putra Dananjaya
Wayan Setiawan

Abstract

ABSTRAK
Keris merupakan salah satu warisan budaya yang sangat dikenal oleh masyarakat luas sebagai warisan budaya asli Indonesia. Sebagai salah satu warisan budaya dari sekian banyak warisan budaya yang dimiliki oleh Indonesia, Keris patut untuk dilestarikan. Salah satu Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak di kerajinan Keris adalah UKM Keris Bali. Permasalahan yang dihadapi oleh UKM Keris Bali adalah pemasaran, saat ini pemasaran yang masih belum optimal dan masih manual. Proses penjualan dan penawaran produk keris, saat ini dilakukan dengan cara mengirimkan ke beberapa artshop terdekat dan pengiriman foto melalui aplikasi WhatAapp. Untuk membantu pemasaran di UKM maka diusulkan kegiatan pelatihan pemanfaatan website pada UKM Keris Bali melalui program kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pengelolaan konten website yang digunakan sebagai media pemasaran dan bertujuan untuk memasarkan produk dari UKM kepada masyarakat luas. Kegiatan yang telah dilakukan juga memiliki manfaat bagi UKM untuk memiliki pengetahuan dalam pemanfaatan teknologi informasi yaitu media pemasaran website. Hasilnya adalah sebuah produk tepat guna yaitu website profiling dan kemampuan pengelolaan konten dari website UKM Keris Bali.
Kata kunci: Keris, website, pemasaran, product profiling, e-commerce.
ABSTRACT
Keris is a well known Indonesian cultural heritage. One of many cultural heritages owned by Indonesia, the Keris, highly deserved to be preserved. One of the Small and Medium Enterprises (SMEs) engaged in Keris handicraft is, Keris Bali SME. The obstacles faced by Keris Bali SME is marketing which the marketing is still less optimal and operated manualy. The process of selling and offering keris products is currently done by sending it to the nearest art shop and photos sending through WhatsApp application. To improve selling product, it is suggested that website training activities at Keris Bali SME can be done through community service program. This activity aims to provide training on website content management, which is used as a marketing that aims to market products from UKM to the citizen. The carried out activities also have benefits for SME to have knowledge in the implementation of information technology, namely website product profiling. It resulted an effective product such as website profiling and content management capabilities of the Keris Bali SME’s website.
Keywords: keris, website, marketing, product profiling, e-commerce.

Article Details

How to Cite
Srinadi, N. L. P., Dananjaya, G. P., & Setiawan, W. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Web-product Profilling Sebagai Media Pemasaran Pada UKM Keris Bali. Paradharma (Jurnal Aplikasi IPTEK), 5(1). https://doi.org/10.36002/jpd.v5i1.1437
Section
Articles