Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Siswa SMK Negeri 2 Tabanan

Main Article Content

I Gede Widhiantara
Ni Putu Eny Purwita Dewi

Abstract

Proses pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ditekankan pada pengembangan keterampilan peserta didik oleh karena itu proses belajar dilakukan melalui beberapa kegiatan yang bersifat proyek maupun praktek langsung pada industri. Melalui kegiatan tersebut para siswa diharapkan mendapat pengakuan kompetensi di bidangnya masing-masing. Salah satu bentuk penugasan tugas akhir kelas XII di SMK Negeri 2 Tabanan adalah penulisan laporan kerja proyek yang menuntut pengetahuan dan keterampilan menulis ilmiah. Namun dalam pelaksanaanya masih terdapat hambatan dalam menyusun laporan karena kurangnya wawasan serta keterampilan siswa dalam menulis. Oleh karena itu dilakukan kegiatan sosialisasi dan pendampingan yang intensif menulis karya tulis ilmiah oleh tim pengabdi. Program pengabdian ini dilaksanakan selama kurang lebih 3 bulan di SMK Negeri 2 Tabanan. Tujuan dari program ini yaitu menambah wawasan dan meningkatkan keterampilan siswa kelas XII dalam menulis karya tulis ilmiah. Metode yang diterapkan pada kegiatan ini berupa sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Target dan luaran dari program pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan menulis karya tulis ilmiah siswa kelas XII SMK Negeri 2 Tabanan. Pengukuran ketercapaian tujuan kegiatan dilakukan dengan mengisi kuisioner serta instrumen penilaian. Hasil kegiatan menunjukkan terjadi peningkatan pemahaman dan keterampilan siswa secara berturut-turut dengan rata-rata sebesar 55% dan 42%. Sedangkan rata-rata indeks ketercapaian kompetensi menulis pada pre test sebasar 1,9 dengan kategori kurang dan pada post test 3,7 dengan kategori baik.

Article Details

How to Cite
I Gede Widhiantara, & Ni Putu Eny Purwita Dewi. (2023). Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Siswa SMK Negeri 2 Tabanan. Paradharma (Jurnal Aplikasi IPTEK), 7(1). https://doi.org/10.36002/jpd.v7i1.2506
Section
Articles

References

Hartini, N. S., Agustini, K., & Pradnyana, G. A. (2017). Survei Respon Peserta Pelatihan Pengoperasian E-Learning di SMKN 2 Tabanan. Widya Laksana, 6(1), 17-23.

Situmorang, N. M. Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas X APHC SMK Negeri 1 Singaraja Melalui Teknik Guiding Questions. Journal of Education Action Research, 2(2), 165-171

Wibowo, N. (2016). Upaya memperkecil kesenjangan kompetensi lulusan sekolah menengah kejuruan dengan tuntutan dunia industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(1), 45-59.

Widhiantara, I. G., Rosiana, I. W., & Permatasari, A. A. P. (2021). Program Kemitraan Masyarakat Peneliti Muda Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Negara, Jembrana. Paradharma (Jurnal Aplikasi IPTEK), 4(1).

Zulkarnaini, Z. (2014). Peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa PGSD semester I melalui drill method. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 1(2).