Pendampingan Pengembangan Kewirausahaan UMKM oleh Mahasiswa KKN Universitas Dhyana Pura di Tabanan Bali
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Kuliah kerja Nyata (KKN) merupakan suatu program belajar yang pertama kali dilakukan oleh Universitas Dhyana Pura. Mahasiswa dilatih untuk dapat menerapkan ilmu yang telah diterima selama kuliah. IIlmu yang dimiliki diharapkan dapat memberikan solusi bagi permasalahan yang ditemui di masyarakat. Masalah yang ditemui tidak selalu bersifat negatif tetapi sesuatu keadaan yang belum berkembang atau memerlukan terjadinya perubahan kepada keadaan yang lebih baik. Salah satu yang diperoleh berdasarkan survei lapangan ke UMKN yang terdapat di Tabanan oleh mahasiswa KKN, diketahui bahwa beberapa UMKM tidak memiliki sosial media untuk mengenalkan hasil produksi yang mereka hasilkan. Pada era digitalisasi, masyarakat diharapkan mampu menggunakan media sebagai wadah penjualan. Masyarakat yang bergerak dibidang usaha harus memiliki kemampuan untuk mengembangkan pemasaran melalui media digital. Mahasiswa KKN meberikan pendampingan membuat akun digital kepada UMKM dan memasarkan produk dan interaksi melalui wadah digitalisasi. Penjualan dengan media digital akan mampu meningkatkan penjualan, penghasilan dan mengembangkan usaha lebih besar. Hal inilah yang dilakukan oleh mahasiswa KKN untuk mengenalkan penggunaan pemasaran digital, supaya UMKM di Tabanan mampu dan siap menghadapi persaingan global dan meningkatkan perekonomian lokal khususnya di Kabupaten Tabanan Bali.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Jasri, Arfan, N., -, H., & Ali Hasan, H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212–224. https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452
Evangeulista, G., Agustin, A., Putra, G. P. E., Pramesti, D. T., & Madiistriyatno, H. (2023). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Digitalisasi. Oikos-Nomos: JURNAL KAJIAN EKONOMI DAN BISNIS, 16, 33.
Fannisyah, R. R. (n.d.). Upaya mengatasi faktor penghambat. 2(1), 1054–1061.
Hidayatullah, M. R., Saputra, S. Y., & Anam, K. (2022). Pelatihan Manajemen Referensi “Mendeley” Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat. Abdinesia: Jurnal …, 2(1), 24–27. https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia
Saputra, H. T., Rif’ah, F. M., & Adrianto, B. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Journal Economy Management Business and Enterpreneur, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.57235/mantap.v2i1.1592
Suparsa, I. G., Krisna, I. W. A., & Dewi, Putu SulistiawatiSulatra, I. K. (2022). Pendampingan pendataan umkm dan pembuatan sertifikat keterangan usaha di desa dajan peken. 1(2), 172–178.