Strategi Pemasaran Untuk Peningkatan Penjualan Produk Kosmetik Herbal di desa Bitera Gianyar Bali

Main Article Content

Ni Wayan Deswiniyanti
Naftalia Sri Endah
I Made Wisnu Adhi

Abstract

Usaha mikro Alam Jaya Herbal berada di daerah Desa Bitera Kabupaten Gianyar Provinsi Bali dengan jarak lebih kurang 33  km dari Kampus Universitas Dhyana Pura. Pemilik usaha ini adalah Ibu Novi Yanti yang memiliki keinginan untuk memanfaatkan tanaman sekitar agar dapat dimanfaatkan untuk produk kesehatan dan kosmetik yang organik, alami dan aman untuk digunakan sehari-hari. Alam Jaya Herbal sudah memproduksi beberapa produk diantaranya 1)Minyak kemiri Kirana murni 100%; 2) Minyak Kalpataru herbal; 3) Linglang herbal oil untuk bayi dan anak-anak; 4) Komorebi shampoo; 5) Komorebi kondisioner;  6) Kiredaun face and body soap; 7) Kirara Herbal Anti Lice shampoo (anti kutu); 8) Kenempilo hand & body lotion. Ada beberapa permasalahan yang dihadapi usaha ini antara lain kemasan produk yang kurang menarik sehingga penjualan masih kurang, sulitnya mendapatkan supplier botol kemasan, strategi pemasaran penjualan produk yang masih terbatas. Telah dilakukan pendampingan terkait solusi yang ditawarkan yaitu semua produk sudah memiliki desain kemasan produk yang baru dan menarik, telah disediakan supplier botol kemasan, serta sudah memiliki katalog cetak maupun digital sebagai alat pemasaran. Penjualan produk pada bulan Juli 2019 belum sepenuhnya menggunakan desain yang baru, sedangkan bulan Agustus dan September 2019 sudah 100% menggunakan desain kemasan yang baru. Sehingga dari data dapat dilihat peningkatan penjualan produk masing-masing produk mencapai 20-50%. Luaran pada kegiatan ini adalah seminar nasional, submit artikel pada jurnal ber ISSN serta publikasi pada media online youtube. Disarankan untuk dapat melanjutkan kegiatan pengabdian fokus pada pengurusan ijin masing-masing produk, karena baru hanya satu produk yang sudah memiliki ijin UMOT yaitu minyak kemiri. Perlu diadakan pelatihan untuk destilasi minyak dengan destilator serta pengembangan penjualan produk melaui website.

Article Details

How to Cite
Deswiniyanti, N. W., Endah, N. S., & Adhi, I. M. W. (2025). Strategi Pemasaran Untuk Peningkatan Penjualan Produk Kosmetik Herbal di desa Bitera Gianyar Bali. Paradharma (Jurnal Aplikasi IPTEK), 9(1), 1–6. https://doi.org/10.36002/jpd.v9i1.4227
Section
Articles

References

Cahyono, T.B., Adi, S. 2003. Manajemen Industri Kecil. Liberty. Yogyakarta

Caldeira, M., Ward, J. 2001. Using Resource-Based Theory To Interpret the Successful Adoption and Use of Information Systems & Technology in Manufacturing Small and Medium Sized Enterprises. The 9th European Conference on Information Systems, 1159–1169.

Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 39–45.

Kotler, P., Amstrong, G. 2010. Priciples of Marketing 12th ed. Englewood Clifs, Prentice Hall.

Soekartawi. 2005. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Pearce, J., Robinson, R.. 2013. Strategic Management : Formulation, Implementation, and Control Manajemen Strategis (12th) (12th ed.). Jakarta Selatan: MC Graw Hill.

Ragimun, Sudaryanto, & Wijayanti, R. R. (2015). Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas Asean. Web Kementerian Keuangan, 1–32.