Edukasi dan Pelatihan Biopori Untuk Sivitas Akademika Universitas Dhyana Pura Menuju Kampus Hijau Berkelanjutan

Main Article Content

I Gede Widhiantara
Putu Angga Wiradana
Rahmadi Prasetijo

Abstract

Penerapan gaya hidup yang ramah lingkungan dan berkelanjutan menjadi aspek krusial di lingkungan perguruan tinggi. Sejumlah universitas telah menginisiasi berbagai inovasi dan menetapkan program jangka panjang yang dikenal sebagai green campus. Universitas Dhyana Pura (Undhira) di Bali merupakan salah satu institusi yang mengadopsi kebijakan green campus dengan tujuan mewujudkan lingkungan kampus yang hijau dan berkelanjutan, sesuai dengan indikator yang ditetapkan oleh UI GreenMetric World University Ranking Salah satu parameter penting dalam menciptakan kampus hijau berkelanjutan adalah program atau kegiatan konservasi air di kampus dan belum ada langkah nyata untuk itu. Sehingga ceramah dan pelatihan tentang konservasi air dengan model biopori dilakukan untuk pendekatan konservasi air yang murah dan efektif mengingat ruang terbuka hijau Undhira cukup luas. Hasil pendampingan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan sivitas akademika Undhira dalam membuat biopori.

Article Details

How to Cite
Widhiantara, I. G., Angga Wiradana, P., & Prasetijo, R. (2025). Edukasi dan Pelatihan Biopori Untuk Sivitas Akademika Universitas Dhyana Pura Menuju Kampus Hijau Berkelanjutan. Paradharma: Jurnal Aplikasi IPTEK, 9(1), 13–17. https://doi.org/10.36002/jpd.v9i1.4884
Section
Articles

References

Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan Kampus Hijau. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 10–17.

Fahrurrozi, M., Rahman, M., & Isyfa, F. 2023. Pelatihan Pembuatan Lubang Resapan Biopori Sebagai Upaya Pengurangan Sampah Organik. Jurnal GREAT: Jurnal Pengabdian Masyarakat, https://journaledutech.com/index.php/great/article/view/277

Firman, H., & Arsyad, M. 2020. Living Laboratory Sebagai Model Kampus Berkelanjutan. Jurnal Lingkungan dan Pembangunan, 9(2), 87–94.

Foresteract. 2021. Lubang Resapan Biopori: Fungsi dan Cara Membuatnya. Diakses dari https://foresteract.com/lubang-resapan-biopori/

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 2020. Strategi Nasional Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Rimbakita. 2020. Lubang Resapan Biopori. Diakses dari https://rimbakita.com/biopori/

Ridwansyah, R., Putra, A. D., & Nurhadi, D. (2021). Lubang Resapan Biopori untuk Konservasi Air dan Pengelolaan Sampah Organik. Jurnal Ilmu Lingkungan, 19(2), 112–119.

Sinar Tani. 2021. Teknologi Resapan Biopori untuk Konservasi Tanah dan Air. Diakses dari https://tabloidsinartani.com/detail/indeks/family-style/13844

Siregar, T., & Anwar, S. 2022. Penerapan Teknologi Biopori sebagai Solusi Ramah Lingkungan di Kawasan Kampus. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkelanjutan, 4(1), 45–52.UI GreenMetric. (2023). World University Rankings for Green Campus. https://greenmetric.ui.ac.id

Susilo, D. 2021. Peran Strategis Perguruan Tinggi dalam Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Lingkungan, 6(1), 22–30.UNESCO. (2017). Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives. Paris: UNESCO.

Universitas Diponegoro. 2023. Pengenalan Teknologi Biopori untuk SDGs. https://undip.ac.id/post/29553

Universitas Dhyana Pura. 2024. Fact File UI Green Metric 2024. Universitas Dhyana Pura. Indonesia

Widhiantara, I. G., Rosiana, I. W., & Permatasari, A. A. P. 2021. Program Kemitraan Masyarakat Peneliti Muda Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Negara, Jembrana. Paradharma (Jurnal Aplikasi IPTEK), 4(1).

Widhiantara, I. G., Rosiana, I. W., Wiradana, P. A., Sandhika, I. M., Permadi, A. W., & Jawi, I. M. 2022. Pendampingan Herbal Dan Pelatihan Senam Jantung Untuk Lansia di Desa Celuk, Sukawati, Gianyar. Paradharma (Jurnal Aplikasi IPTEK), 6(2).

Widhiantara, I. G., & Dewi, N. P. E. P. 2023. Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Siswa SMK Negeri 2 Tabanan. Paradharma (Jurnal Aplikasi IPTEK), 7(1).

Yuliastuti, N. 2020. Konsep Kampus Hijau sebagai Solusi Lingkungan di Pendidikan Tinggi. Jurnal Sains dan Teknologi, 4(3), 55–60.