Dampak Psikoedukasi Bullying dan Mindfulness terhadap Kesehatan Mental Siswa SMP: Studi Kasus KKN di Desa Baru, Tabanan

Main Article Content

I Putu Firman Jaya
I Putu Andhika Kurniawijaya
Luh Deayu Krisna Dewi

Abstract

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan memberikan solusi atas permasalahan di desa. Di Desa Baru, Tabanan, permasalahan bullying di kalangan remaja serta keterbatasan pemahaman siswa tentang kesehatan mental menjadi fokus intervensi. Program KKN dilaksanakan melalui psikoedukasi mengenai bullying, penguatan growth mindset, dan pelatihan teknik mindfulness sederhana seperti butterfly hug. Metode pelaksanaan meliputi pre-test, penyampaian materi, praktik, serta evaluasi melalui post-test untuk menilai peningkatan pengetahuan siswa.
Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terkait bullying dan kesehatan mental, tercermin dari perbedaan nilai pre-test dan post-test. Selain itu, siswa melaporkan manfaat langsung dari latihan mindfulness dalam mengelola emosi. Program ini memberikan dampak positif bagi kesehatan mental siswa serta menjadi model sederhana intervensi psikoedukasi berbasis komunitas. Artikel ini menegaskan pentingnya penguatan kapasitas remaja melalui pendekatan psikoedukasi dalam rangka mendukung pembangunan kesehatan masyarakat desa.

Article Details

How to Cite
Firman Jaya, I. P., Kurniawijaya, I. P. A., & Deayu Krisna Dewi, L. (2025). Dampak Psikoedukasi Bullying dan Mindfulness terhadap Kesehatan Mental Siswa SMP: Studi Kasus KKN di Desa Baru, Tabanan . Paradharma: Jurnal Aplikasi IPTEK, 9(1), 23–29. https://doi.org/10.36002/jpd.v9i1.4890
Section
Articles

References

Dweck, C. S. (2016). Mindset: The new psychology of success. New York: Ballantine Books.

Klingbeil, D. A., Renshaw, T. L., Willenbrink, J. B., Copek, R. A., Chan, K. T., Haddock, A., & Clifton, J. (2021). Mindfulness-based interventions with youth: A comprehensive meta-analysis of group-design studies. Journal of School Psychology, 85(1), 74–90. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2020.12.002

Lesmana, R., Yunita, N., & Seralarat, T. (2023). Mindfulness and bullying behavior among adolescents: The mediating role of emotional regulation. Indonesian Journal of Psychology and Education, 9(2), 145–156.

Nugroho, A., Putra, D. A., & Sari, M. D. (2024). The effectiveness of psychoeducation to prevent bullying in junior high school students. Jurnal Psikologi Pendidikan Indonesia, 13(1), 55–64.

Olweus, D. (2013). School bullying: Development and some important challenges. Annual Review of Clinical Psychology, 9(1), 751–780. https://doi.org/10.1146/annurev-clinpsy-050212-185516

Yeager, D. S., & Dweck, C. S. (2020). What can be learned from growth mindset interventions on students’ achievement? A research synthesis. Educational Psychologist, 55(4), 241–267. https://doi.org/10.1080/00461520.2020.1862658