Percepatan Keaksaraan (Literacy Boost) Bagi Guru di SDN Nunhala dan SDN Baki Sonbay Kecamatan Noemuti Kabupaten Timor Tengah Utara

Main Article Content

Vincentius Mauk
Elfira S. S. Kette
Yoanita D. R. Kolo

Abstract

ABSTRAK
Program percepatan keaksaraan (literacy boost) merupakan program yang didesain untuk membimbing sekolah khususnya para guru untuk mendukung perkembangan literasi/keaksaraan anak-anak dengan lebih baik. Salah satu komponen yang mendukung percepatan keaksaraan adalah pelatihan untuk guru. Pelatihan guru ini bertujuan untuk mengembangkan kapasitas guru yang terjadwal secara teratur, didesain untuk melengkapi guru untuk memusatkan pengajaran pada lima keterampilan inti dalam kerangka kurikulum yang sudah disyaratkan oleh pemerintah untuk terus diikuti. Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan kapasitas guru yang terjadwal teratur, didesain untuk melengkapi guru untuk memusatkan pengajaran pada lima keterampilan inti dalam kerangka kurikulum yang sudah disyaratkan oleh pemerintah untuk terus diikuti. Model yang digunakan dalam pelatihan ini adalah workshop dimana guru akan dibekali dengan materi dan latihan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hasil yang telah diperoleh dari pelatihan guru ini adalah guru menguasai model pembelajaran aktif yang melekat pada proses pengajaran membaca dan meningkatnya keterampilan guru dalam menggunakan strategi percepatan keaksaraan melalui lima keterampilan dasar membaca.
Kata kunci: pelatihan guru, percepatan keaksaraan.
ABSTRACT
The literacy boost program is a program designed to guide school especially for the teachers to support the development of children’s literacy better. One of the components that support the literacy boost is training for teacher. The training for teacher aims to develop teacher’s capacity that scheduled regularly, designed to equip teachers to centralize teaching on five core skills within the curriculum design that required by the government to continue followed. The service for community aims to develop teacher’s capacity that scheduled regularly, designed to equip teacher to centralize teaching on five core skills within the curriculum framework that required by the government to continue followed. The model that used in this training is a workshop. The teachers will get the materials and exercises to improve the student’s reading ability. The results of this teacher training are teachers mastering the active learning model that attached on the process of reading teaching and increasing teacher skills in using strategy of literacy boost through five basic reading skills. Keywords: teacher training, literacy boost

Article Details

How to Cite
Mauk, V., Kette, E. S. S., & Kolo, Y. D. R. (2019). Percepatan Keaksaraan (Literacy Boost) Bagi Guru di SDN Nunhala dan SDN Baki Sonbay Kecamatan Noemuti Kabupaten Timor Tengah Utara. Paradharma (Jurnal Aplikasi IPTEK), 2(1). https://doi.org/10.36002/jpd.v2i1.563
Section
Articles