Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP untuk Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal di Kabupaten Wajo

Main Article Content

Muhammad Nasir
. Nurcaya
. Arisa

Abstract

ABSTRAK
Persoalan yang dihadapi mitra adalah kurangnya pengetahuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dan ketidakmampuan membuat perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa dan lingkungan belajar serta lingkungan siswa. Kegiatan ini melibatkan tim pengabdi dan mitra yang merupakan kelompok guru mata pelajaran yang tergabung dalam MGMP IPA khususnya biologi di Kabupaten Wajo. Waktu pelaksanaan kegiatan ini adalah pada bulan Mei sampai dengan Juli 2018. Metode pelaksanan kegiatan adalah Model Pembelajaran Technology, Pedagogy, and Content Knowledge (TPACK) merupakan model yang diimplementasikan dalam workshop. Model tersebut mencakup 4 langkah yaitu: pemahaman (P), observasi-instruksi (O), latihan instruksi (L), refleksi (R). Solusi yang ditawarkan oleh tim pengabdi adalah 1) Workshop pengembangan RPP dan Silabus berbasis potensi lokal; 2) Pembuatan Lembar Kerja Siswa yang telah dikembangkan. Hasil kegitan ini adalah bertambahnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam pengembangan bahan ajar secara berbasis potensi lokal. Dihasilkannya perangkat pembelajaran berupa RPP, LKPD yang dapat digunakan siswa dalam mendukung perses pembalajaran.
ABSTRACT
One problem faced by the partner in this projectwas the lack of the knowledge of to develop a learning device and lack of abilityto make devices of learning suitable for the students and learning environment.This project involvedthe community development team and the partner partner, which was group of subject teachers in MGMP IPA(Biology) in Wajo Regency.The project was conducted between May and July 2018. The project was carried out using technology, paedagogy , and content knowledge (TPACK) learning model, which was implemented in the workshop. The model comprised of four steps: understanding, observation-instruction, instructionexercise, and reflection. The solution offered by the community development team consisted of: 1 ) workshop on the development of lesson plans and syllabus based local potentials; 2 ) developingstudent worksheets. The outcome of the project was the increase in the knowledge and skills of teachers in the development of the teaching material based on local potentials.It produced a learning devicein the form of lesson plans andLKPD that can be used to support the process of learning.

Article Details

How to Cite
Nasir, M., Nurcaya, ., & Arisa, . (2019). Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP untuk Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal di Kabupaten Wajo. Paradharma (Jurnal Aplikasi IPTEK), 2(2). https://doi.org/10.36002/jpd.v2i2.661
Section
Articles