Ananlisis Tingkat Kepuasan Tamu Terhadap Pelayanan Pramusaji Di Sunset Restaurant Pada Hotel Puri Raja Di Legian, Kuta - Bali
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Kuesioner yang diperoleh sebanyak 66 responden, dan dengan skala likert 5, diperoleh kesimpulan bahwa pada variabel bukti langsung dengan klasifikasi sangat puas, untuk variabel
keandalan dengan klasifikasi sangat puas, untuk variabel jaminan dengan klasifikasi sangat puas, untuk variabel daya tanggap dengan klasifikasi sangat puas, dan untuk variabel empati dengan klasifikasi sangat puas. Dengan demikian, tingkat kepuasan tamu terhadap pelayanan pramusaji di Sunset Restaurant memperoleh klasifikasi sangat puas.
Berdasarkan hasil kesimpulan tersebut dapat dilihat untuk masing-masing variabel memperoleh klasifikasi sangat puas dengan kriteria yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pramusaji diharapkan untuk selalu mempertahankan dan meningkatan mutu kualitas pelayanan sehingga dapat meningkatkan kepuasan tamu yang makan dan minum di Sunset Restaurant. Pihak manajemen diharapkan selalu memberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan paramusaji baik itu dalam berbahasa asing sehingga kemampuan berkomunikasi dapat ditingkatkan dalam rangka memudahkan dalam memberikan pelayanan dan meningkatkan kualitas pelayanan guna terciptanya kepuasan tamu.
Kata Kunci: kualitas pelayanan, kepuasan, restoran.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Bali Dalam Angka 2014. Badan Pusat Statistik Bali. Denpasar
Cronin, J. J., & Taylor, S. A. 1992. Measuring Service Quality; A Re-Examination And Extension.
The Journal of Marketing, Vol. 56, Number 3, p.55-68.
Douglas, L. & Connor, R. 2003. Attitudes To Service Quality- The Expectation Gap, Nutrition & Food Science, Vol. 33 Number 4, p.165-172.
Engel J.F. 1990.Cunsomer Behavior. 6th Edition. Chicago. The Dryden Press.
Eshghi, A., Roy, S. K., & Ganguli, S. 2008. Service Quality And Customer Satisfaction: An
Empirical Investigation In Indian Mobile Telecommunications Services, Marketing Management Journal, Vol 18, Number 2, p. 119-144.
Edvardsson, Bo (1998). Service Quality Improvement, Managing Service Quality, Vol.8. No. 2, p. 142-149.
Giese, J. L., & Cote, J. A. 2002. Defining Consumer Satisfaction, Academy of Marketing Science, Vol. 2000, Number 1, p.1-24.
Ghylin, K.M., Green, B. D., Drury, C. G., Chen, J., Schultz ,J.L., Uggirala, A., Abraham, J.K. & Lawson, T.A. 2006. Clarifying The Dimensions Of Four Concepts Of Quality, Theoretical Issues in Ergonomics Science, Vol. 9, No.1, p.73-94.
Kotler et el., 2003. Marketing for Hospitality and Tourism. 3rd Edition, Prentice HallNew Jersey.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Erlangga – Jakarta.
Negi, R. (2009). Determining Customer Satisfaction Through Perceived Service Quality: A Study ofEthiopian Mobile Users, International Journal of Mobile Marketing; Vol.4, Number 1; p.31-38.
Parasuraman, A., Berry, Leonard L, and Zeithaml, Valarie A. 1985. “A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research”. Journal of Marketing, Vol;.
(Fall), pp. 41-50.
Parasuraman, A., Berry, Leonard L, and Zeithaml, Valarie A. 1988, “SERVQUAL: AMultiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”. Journal of Retailing, Vol;. 64 (Spring), pp. 12-40.
Rangkuti, Freddy.2002. Measuring Customer Satisfaction. PT Gramedia Pustaka Utama,
Jakarta.
Supranto., J. 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar.
Rineka Cipta – Jakarta.
Schnaars, S.P. 1991Marketing Strategy: A Customer-Driven Approach. New York. The Free
Press.
Tijptono, F., dan Chandra, G. 2005. Service, Quality and Satisfaction. Andi Yogyakarta.
Wicks, A. M., & Roethlein, C. J. 2009. A Satisfaction-Based Definition of Quality Journal of
Business & Economic Studies, Vol. 15, No. 1, Spring 2009, 82-97.
Zeithaml, V. A., A. Parasuraman, and L. L. 1996. Berry. Delivering Quality Service: Balancing
Customer Perceptions and Expectations. New York: The Free Press.