PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING (FINANCIAL BONDS, SOCIAL BONDS, CUSTOMIZATION BONDS) TERHADAP LOYALITAS TAMU PADA THE BALI DREAM VILLA SEMINYAK BALI

Main Article Content

Okvianda Yanti
I Gede Agus Mertayasa

Abstract

Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 120 orang. Hasil kuesioner dan tabulasi

data diolah dengan menggunakan SPSS 20.0 untuk Windows. Alat analisis yang digunakan untuk menjawab permasalahan yang ada adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji T, uji F dan determinasi. Keseluruhan analisis data menggunakan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solution) 20.0 for windows.

Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuat kesimpulan: Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara financial bonds terhadap loyalitas tamu, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung2,975 > ttabel  1,980. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara social bonds terhadap

loyalitas tamu, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung  2,259 > ttabel  1,980. Terdapat pengaruh

positif dan signiflkan antara customization bonds terhadap loyalitas tamu, hal ini dibuktikan dengan  nilai  thitung   4,684  >  ttabel   1,980.  Koefisien  determinasi  (Adjusted R Square) adalah sebesar  0,546  atau  54,6%  berarti  kontribusi  variabel  financial  bonds,  social  bonds,  dan

customization bonds terhadap loyalitas tamu sebesar 54,6% dan sisanya 45,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara financial bonds,  social  bonds,  dan  customization  bonds  terhadap  loyalitas tamu  baik  secara  parsial maupun simultan. Dengan demikian pihak manajemen The Bali Dream Villa Seminyak diharapkan lebih meningkatkan perhatiannya terhadap keseimbangan antara financial bonds, social bonds, dan customization bonds secara berkesinambungan.

Kata Kunci: financial bonds, social bonds, customization bonds, loyalitas tamu

Article Details

How to Cite
Yanti, O., & Mertayasa, I. G. A. (2016). PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING (FINANCIAL BONDS, SOCIAL BONDS, CUSTOMIZATION BONDS) TERHADAP LOYALITAS TAMU PADA THE BALI DREAM VILLA SEMINYAK BALI. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 10(2), 56–62. https://doi.org/10.36002/jep.v10i2.5
Section
Articles

References

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen, Semarang: Badan Penerbit

Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2006. Marketing Management, Pearson Education Inc.

Kountur, Roni. 2003. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, Jakarta : PPM.

Nugroho, Bhuono Agung. 2005, Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian Dengan

SPSS, Andi, Yogyakarta.

Situmorang & Ginting, 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Surabaya: Kencana

Sugiyono, 2007. Metodologi Penelitian Bisnis, Bandung : Alfabeta.

Zeithaml dan Bitner, 2003. Service Marketing Integrating Customer Focus Across The Firm,

rd edition, Boston, Mc Graw - Hill

Zeithaml, Bitner and Gremler. 2006. Service Marketing, Fourth Edition, Prentice Hall: Exclusive right by Mc Graw – Hill