PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING (FINANCIAL BONDS, SOCIAL BONDS, CUSTOMIZATION BONDS) TERHADAP LOYALITAS TAMU PADA THE BALI DREAM VILLA SEMINYAK BALI
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 120 orang. Hasil kuesioner dan tabulasi
data diolah dengan menggunakan SPSS 20.0 untuk Windows. Alat analisis yang digunakan untuk menjawab permasalahan yang ada adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji T, uji F dan determinasi. Keseluruhan analisis data menggunakan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solution) 20.0 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuat kesimpulan: Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara financial bonds terhadap loyalitas tamu, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung2,975 > ttabel 1,980. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara social bonds terhadap
loyalitas tamu, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 2,259 > ttabel 1,980. Terdapat pengaruh
positif dan signiflkan antara customization bonds terhadap loyalitas tamu, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 4,684 > ttabel 1,980. Koefisien determinasi (Adjusted R Square) adalah sebesar 0,546 atau 54,6% berarti kontribusi variabel financial bonds, social bonds, dan
customization bonds terhadap loyalitas tamu sebesar 54,6% dan sisanya 45,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara financial bonds, social bonds, dan customization bonds terhadap loyalitas tamu baik secara parsial maupun simultan. Dengan demikian pihak manajemen The Bali Dream Villa Seminyak diharapkan lebih meningkatkan perhatiannya terhadap keseimbangan antara financial bonds, social bonds, dan customization bonds secara berkesinambungan.
Kata Kunci: financial bonds, social bonds, customization bonds, loyalitas tamu
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen, Semarang: Badan Penerbit
Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2006. Marketing Management, Pearson Education Inc.
Kountur, Roni. 2003. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, Jakarta : PPM.
Nugroho, Bhuono Agung. 2005, Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian Dengan
SPSS, Andi, Yogyakarta.
Situmorang & Ginting, 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Surabaya: Kencana
Sugiyono, 2007. Metodologi Penelitian Bisnis, Bandung : Alfabeta.
Zeithaml dan Bitner, 2003. Service Marketing Integrating Customer Focus Across The Firm,
rd edition, Boston, Mc Graw - Hill
Zeithaml, Bitner and Gremler. 2006. Service Marketing, Fourth Edition, Prentice Hall: Exclusive right by Mc Graw – Hill