VARIABEL ANTESEDEN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI EMPIRIS PADA KANTOR NOTARIS DAN PPAT DI KABUPATEN BANGLI)

Main Article Content

I Made Purba Astakoni
I B Swaputra
Ni Made Gunastri
Ni Made Satya Utami

Abstract

ABSTRACT The purpose of this study is to describe the antecedent influence of Organizational Citizenship Behavior (OCB) variables, especially job satisfaction and organizational commitment on OCB, and analyze the influence of employee OCB on the performance of employees of Notary offices in Bangli District. Data analysis techniques use the Partial Least Square (PLS) approach. PLS is a model of Structural Equation Modeling (SEM) based on components or variants. Based on hypothesis testing that has been done, it can be concluded: (1) job satisfaction has a positive and significant effect on OCB. This shows that the higher the level of employee satisfaction, the OCB of employees will also increase; (2) Organizational commitment has a positive and not significant effect on OCB. OCB has a significant positive effect on employee performance. In terms of the higher OCB level of employees, it will improve the performance of employees of Notary offices in Bangli Regency. Based on the explanation above, the recommendations submitted for further research are; 1) raising the number of respondents who are more or outside the research area, 2) raising more latent constructs because there are very many determinants that affect OCB and / or employee performance, especially those related to the organization / notary institution. Keywords: Job Satisfaction, Organizational Commitment, OCB, Employee Performance
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan pengaruh anteseden variabel Organizational Citizenship Behaviour (OCB) khususnya kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap OCB, dan menganalisis pengaruh OCB karyawan terhadap kinerja karyawan kantor Notaris di Kabupaten Bangli. Teknik analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). PLS adalah model persamaan Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis komponen atau varian. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan: (1) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat kepuasan kerja karyawan, maka OCB karyawan juga akan semakin meningkat; (2) Komitmen organisasional berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap OCB. OCB berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja karyawan.Dalam pengertian semakin tinggi tingkat OCB karyawan, akan meningkatkan kinerja karyawan kantor Notaris di Kabupaten Bangli. Berdasarkan papasan diatas maka rekomendasi yang diajukan untuk penelitian selanjutnya adalah; 1) mengangkat jumlah responden yang lebih banyak atau memperluar daerah penelitian, 2) mengangkat konstruk laten yang
96
lebih banyak mengingat sangat banyak determinan yang mempengaruhi OCB dan ataupun kinerja karyawan khususnya yang terkait dengan organisasi/lembaga notariat.
Kata kunci: Kepuasan Kerja,Komitmen Organisasional, OCB, Kinerja Karyawan

Article Details

How to Cite
Astakoni, I. M. P., Swaputra, I. B., Gunastri, N. M., & Utami, N. M. S. (2019). VARIABEL ANTESEDEN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI EMPIRIS PADA KANTOR NOTARIS DAN PPAT DI KABUPATEN BANGLI). Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 14(2). https://doi.org/10.36002/jep.v14i2.751
Section
Articles