ANALISIS MENU DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MAKANAN PADA COFFEE SHOP RESTORAN PURI SARON DENPASAR-BALI

Main Article Content

I Gede Agus Mertayasa
. Komalawati

Abstract

ABSTRACT
This research is menu analysis in increasing food sales at Puri Saron Hotel Denpasar. The problem formula that can be raised in this study is how to classify the menu at the Coffee Shop Puri Saron Hotel Denpasar restaurant and what policies need to be taken by management in increasing food sales at Puri Saron Hotel Denpasar Bali in 2019. The variables in this study are menu analysis with sub variable mix menu, food cost and contribution margin. The analysis technique used in this study is a menu engineering analysis technique consisting of 12 steps. Based on the results of the analysis conducted, it can be concluded that there are 13 items or 32.5% types of dishes for star groups, 4 items or 10% types of plowhorse groups, 2 items or 5% types of puzzle group dishes, and 21 items or 52.5 % of dog group dishes. The management policy carried out in increasing food sales is maintaining food quality and prices for star groups, improving food quality and selling prices of food for plowhorse groups, improving food raw materials so as to reduce food prices for puzzle groups and evaluating materials, services, promotions and the price of food for the dog category.
Keywords : Restaurant, Menu, Food Cost, Margin Contribution
ABSTRAK
Penelitian ini adalah analisis menu dalam meningkatkan penjualan makanan di Hotel Puri Saron Denpasar. Rumusan masalah yang dikemukanan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah klasifikasi menu yang terdapat di restaurant Coffee Shop Puri Saron Hotel Denpasar dan kebijakan apa yang perlu diambil manajemen dalam meningkatkan penjualan makanan di Hotel Puri Saron Denpasar Bali tahun 2019. Variabel dalam penelitian ini adalah analisis menu dengan sub variable menu mix, food cost dan contribution margin. Tehnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik analisis menu engineering yang terdiri dari 12 langkah. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat 13 item atau 32,5% jenis hidangan untuk kelompok star, 4 item atau 10% jenis hidangan kelompok plowhorse, 2 item atau 5% jenis hidangan kelompok puzzle, dan 21 item atau 52,5% jenis hidangan kelompok dog. Kebijakan manajemen yang dilakukan dalam meningkatkan penjualan makanan adalah mempertahankan kualitas dan harga makanan untuk kelompok star, meningkatkan kualitas makanan dan harga jual makanan untuk kelompok plowhorse, Memperbaiki bahan baku makanan sehingga dapat menurunkan harga makanan untuk kelompok puzzle dan melakukan evaluasi terhadap bahan, pelayanan, promosi dan harga makanan untuk katagori dog.
Kata kunci : Restoran, Menu, Biaya Makanan, Kontribusi Margin

Article Details

How to Cite
Mertayasa, I. G. A., & Komalawati, . (2019). ANALISIS MENU DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MAKANAN PADA COFFEE SHOP RESTORAN PURI SARON DENPASAR-BALI. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 14(2). https://doi.org/10.36002/jep.v14i2.755
Section
Articles