PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP HEDONIC VALUE DAN IMPULSE BUYING KONSUMEN IBU RUMAH TANGGA DI SUPERMARKET TIARA DEWATA DENPASAR
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Konsumen memiliki peran penting bagi sebuah perusahaan, dikarenakan konsumen memberikan pengaruh dan kontribusi secara langsung terhadap kelangsungan hidup perusahaan atau dalam penelitian ini ialah supermarket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Store Atmosphere terhadap Hedonic Value dan Impulse Buying konsumen Ibu Rumah Tangga di Supermarket Tiara Dewata, sehingga penting bagi manajemen untuk mengetahui seberapa besar pengaruh suasana store yang ditunjukkan kepada konsumen.
Penelitian ini menggunakan metode statistik Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dan perangkat Lunak SmartPLS 2. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penyebaran kuesioner dengan sampel penelitian sebanyak 105 responden Ibu Rumah Tangga di Supermarket Tiara Dewata, dikarenakan populasi dalam penelitian ini bersifat tak terbatas sehingga menggunakan metode sampling non-probabilitas dengan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap hedonic value dan impulse buying, selain itu hedonic value juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Dengan memahami setiap variabel dan pengaruhnya, supermarket bisa menggunakan hasil tersebut sebagai pertimbangan untuk memperhatikan store atmosphere, sehingga dapat menumbuhkan hedonic value dan impulse buying konsumen secara keseluruhan.
Kata Kunci : Store Atmosphere, Hedonic Value, Impulse Buying, Ibu Rumah Tangga danSupermarket
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Berman, B. and Evans, J.R. (2001). Retail Management : A Strategic Approach (8th ed). Upper
Saddle River, New Jersey: Prentice-Hall.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, implementasi, dan pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Suprapti, Sri, N. W. 2010. Perilaku Konsumen. Denpasar : Udayana University Press.
Yistiani, Manik, N.Y., Yasa, Kerti, N.Y., dan Suasana, Gede, I.G.A, Pengaruh Atmosfer Gerai dan
Pelayanan Ritel terhadap Nilai Hedonik dan Pembelian Impulsif Pelanggan Matahari
Depatment Store Duta Plaza Di Denpasar, Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan
Kewirausahaan Vol.6, No.2, Agustus 2012.