PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP HEDONIC VALUE DAN IMPULSE BUYING KONSUMEN IBU RUMAH TANGGA DI SUPERMARKET TIARA DEWATA DENPASAR

Main Article Content

Ni Kadek Theressa Putri
Komalawati Komalawati

Abstract

Konsumen   memiliki   peran   penting   bagi   sebuah perusahaan,   dikarenakan   konsumen memberikan pengaruh dan kontribusi secara langsung terhadap kelangsungan hidup perusahaan atau dalam penelitian ini ialah supermarket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Store Atmosphere terhadap Hedonic Value dan Impulse Buying konsumen Ibu Rumah Tangga di Supermarket Tiara Dewata, sehingga penting bagi manajemen untuk mengetahui seberapa besar pengaruh suasana store yang ditunjukkan kepada konsumen.

Penelitian ini menggunakan metode statistik Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dan perangkat  Lunak SmartPLS  2. Pengumpulan  data dilakukan dengan wawancara dan penyebaran kuesioner dengan sampel penelitian sebanyak 105 responden Ibu Rumah Tangga di Supermarket Tiara Dewata, dikarenakan populasi dalam penelitian ini bersifat tak terbatas sehingga menggunakan metode sampling non-probabilitas dengan teknik purposive sampling.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap hedonic value dan impulse buying, selain itu hedonic value juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Dengan memahami setiap variabel dan pengaruhnya, supermarket bisa menggunakan hasil tersebut  sebagai pertimbangan  untuk  memperhatikan  store  atmosphere, sehingga  dapat menumbuhkan hedonic value dan impulse buying konsumen secara keseluruhan.

Kata  Kunci  :  Store Atmosphere, Hedonic Value, Impulse Buying, Ibu  Rumah  Tangga  danSupermarket

Article Details

How to Cite
Putri, N. K. T., & Komalawati, K. (2016). PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP HEDONIC VALUE DAN IMPULSE BUYING KONSUMEN IBU RUMAH TANGGA DI SUPERMARKET TIARA DEWATA DENPASAR. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 10(2), 71–76. https://doi.org/10.36002/jep.v10i2.8
Section
Articles

References

Berman, B. and Evans, J.R. (2001). Retail Management : A Strategic Approach (8th ed). Upper

Saddle River, New Jersey: Prentice-Hall.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, implementasi, dan pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Suprapti, Sri, N. W. 2010. Perilaku Konsumen. Denpasar : Udayana University Press.

Yistiani, Manik, N.Y., Yasa, Kerti, N.Y., dan Suasana, Gede, I.G.A, Pengaruh Atmosfer Gerai dan

Pelayanan Ritel terhadap Nilai Hedonik dan Pembelian Impulsif Pelanggan Matahari

Depatment Store Duta Plaza Di Denpasar, Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan

Kewirausahaan Vol.6, No.2, Agustus 2012.