PENGENALAN PROTOKOL KESEHATAN PADA ANAK USIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Main Article Content

Ni Made Ayu Suryaningsih
Christiani Endah Poerwati

Abstract

ABSTRAK
Anak usia dini merupakan aset penting bagi masa depan suatu bangsa. Berbagai hal
dilakukan untuk memaksimalkan potensi mereka sejak dini. Salah satunya terkait dengan
pendidikan. Namun terjadinya Pandemi Covid-19 menjadi suatu hambatan besar dalam
perkembangan dan keselamatan anak. Menjadi tanggung jawab bersama dalam memastikan
mereka dapat melalui permasalahan ini. Penerapan protokol kesehatan merupakan jalan untuk
bisa menghindari resiko tertular Virus Covid-19. Diperlukan suatu upaya untuk memperkenalkan
mereka agar mampu memahami dan menerapkan protokol kesehatan dengan efektif. Penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat diterapkan untuk meningkatkan pemahaman
anak mengenai penerapan protokol kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan
perbedaan hasil pembelajaran anak mengenai pemahaman protokol kesehatan antara kelas
kontrol dan kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan dalam
menerapkan protokol kesehatan antara kelas kontrol dan eksperimen setelah anak melalui proses
pembelajaran.
Kata kunci: Anak Usia dini, Model Pembelajaran Jigsaw, Protokol kesehatan

Article Details

How to Cite
Suryaningsih, N. M. A., & Poerwati, C. E. (2021). PENGENALAN PROTOKOL KESEHATAN PADA ANAK USIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 3. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.1271
Section
Articles