PENGENALAN PROTOKOL KESEHATAN PADA ANAK USIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
Bilah Samping Artikel
Diterbitkan:
Jan 4, 2021
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 182
Download : 32
Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Anak usia dini merupakan aset penting bagi masa depan suatu bangsa. Berbagai hal
dilakukan untuk memaksimalkan potensi mereka sejak dini. Salah satunya terkait dengan
pendidikan. Namun terjadinya Pandemi Covid-19 menjadi suatu hambatan besar dalam
perkembangan dan keselamatan anak. Menjadi tanggung jawab bersama dalam memastikan
mereka dapat melalui permasalahan ini. Penerapan protokol kesehatan merupakan jalan untuk
bisa menghindari resiko tertular Virus Covid-19. Diperlukan suatu upaya untuk memperkenalkan
mereka agar mampu memahami dan menerapkan protokol kesehatan dengan efektif. Penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat diterapkan untuk meningkatkan pemahaman
anak mengenai penerapan protokol kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan
perbedaan hasil pembelajaran anak mengenai pemahaman protokol kesehatan antara kelas
kontrol dan kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan dalam
menerapkan protokol kesehatan antara kelas kontrol dan eksperimen setelah anak melalui proses
pembelajaran.
Kata kunci: Anak Usia dini, Model Pembelajaran Jigsaw, Protokol kesehatan
Anak usia dini merupakan aset penting bagi masa depan suatu bangsa. Berbagai hal
dilakukan untuk memaksimalkan potensi mereka sejak dini. Salah satunya terkait dengan
pendidikan. Namun terjadinya Pandemi Covid-19 menjadi suatu hambatan besar dalam
perkembangan dan keselamatan anak. Menjadi tanggung jawab bersama dalam memastikan
mereka dapat melalui permasalahan ini. Penerapan protokol kesehatan merupakan jalan untuk
bisa menghindari resiko tertular Virus Covid-19. Diperlukan suatu upaya untuk memperkenalkan
mereka agar mampu memahami dan menerapkan protokol kesehatan dengan efektif. Penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat diterapkan untuk meningkatkan pemahaman
anak mengenai penerapan protokol kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan
perbedaan hasil pembelajaran anak mengenai pemahaman protokol kesehatan antara kelas
kontrol dan kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan dalam
menerapkan protokol kesehatan antara kelas kontrol dan eksperimen setelah anak melalui proses
pembelajaran.
Kata kunci: Anak Usia dini, Model Pembelajaran Jigsaw, Protokol kesehatan
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Suryaningsih, N. M. A., & Poerwati, C. E. (2021). PENGENALAN PROTOKOL KESEHATAN PADA ANAK USIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 3. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.1271
Terbitan
Bagian
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.