Pengembangan Project Based Teaching Module Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kuliner di SMK Pariwisata Dwi Tunggal
Article Sidebar
Published:
Jan 20, 2023
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 82
Download : 124
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Implementasi kurikulum merdeka menuntut pendidik untuk melakukan inovasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Berdasarkan analisis kebutuhan di SMK Pariwisata Dwi Tunggal, salah satu upaya konkret yang harus dilakukan adalah mengembangkan modul ajar. Inilah yang mendasari dilaksanakannya suatu penelitian untuk mengembangkan project based teaching module pada mata pelajaran Dasar-Dasar Kuliner di SMK Pariwisata Dwi Tunggal yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang berfokus pada tahapan Design, Development, dan Implement. Subjek pada penelitian ini, yaitu 1 orang ahli konten, 1 orang ahli bahasa, dan 4 guru bidang ilmu kuliner. Instrumen yang digunakan berupa pemberian kuesioner kepada ahli konten dan ahli bahasa untuk memperoleh validitas produk serta kuesioner kepada guru untuk memperoleh kepraktisan produk. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk pengembangan project based teaching module mata pelajaran Dasar-Dasar Kuliner di SMK Pariwisata Dwi Tunggal valid dan praktis. Ini dibuktikan dengan rata-rata hasil uji ahli konten 3,55 dengan kualifikasi sangat baik, rata-rata hasil uji ahli bahasa 3,40 dengan kualifikasi sangat baik, dan rata-rata hasil uji kepraktisan 3,77 dengan kualifikasi sangat baik.
Kata kunci: pengembangan; project based learning; dasar-dasar kuliner.
Implementasi kurikulum merdeka menuntut pendidik untuk melakukan inovasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Berdasarkan analisis kebutuhan di SMK Pariwisata Dwi Tunggal, salah satu upaya konkret yang harus dilakukan adalah mengembangkan modul ajar. Inilah yang mendasari dilaksanakannya suatu penelitian untuk mengembangkan project based teaching module pada mata pelajaran Dasar-Dasar Kuliner di SMK Pariwisata Dwi Tunggal yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang berfokus pada tahapan Design, Development, dan Implement. Subjek pada penelitian ini, yaitu 1 orang ahli konten, 1 orang ahli bahasa, dan 4 guru bidang ilmu kuliner. Instrumen yang digunakan berupa pemberian kuesioner kepada ahli konten dan ahli bahasa untuk memperoleh validitas produk serta kuesioner kepada guru untuk memperoleh kepraktisan produk. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk pengembangan project based teaching module mata pelajaran Dasar-Dasar Kuliner di SMK Pariwisata Dwi Tunggal valid dan praktis. Ini dibuktikan dengan rata-rata hasil uji ahli konten 3,55 dengan kualifikasi sangat baik, rata-rata hasil uji ahli bahasa 3,40 dengan kualifikasi sangat baik, dan rata-rata hasil uji kepraktisan 3,77 dengan kualifikasi sangat baik.
Kata kunci: pengembangan; project based learning; dasar-dasar kuliner.
Article Details
How to Cite
Sinta Diarini, I. G. A. A., Sentosa, I. P. P., Ordani Astuti, N. M. E., Sabuna, A. M., Dewi, N. P. E. S., & Devi, N. K. D. C. (2023). Pengembangan Project Based Teaching Module Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kuliner di SMK Pariwisata Dwi Tunggal. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 5. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2220
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.