Pengembangan Project Based Teaching Module Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kuliner di SMK Pariwisata Dwi Tunggal
Bilah Samping Artikel
Diterbitkan:
Jan 20, 2023
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 195
Download : 293
Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Implementasi kurikulum merdeka menuntut pendidik untuk melakukan inovasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Berdasarkan analisis kebutuhan di SMK Pariwisata Dwi Tunggal, salah satu upaya konkret yang harus dilakukan adalah mengembangkan modul ajar. Inilah yang mendasari dilaksanakannya suatu penelitian untuk mengembangkan project based teaching module pada mata pelajaran Dasar-Dasar Kuliner di SMK Pariwisata Dwi Tunggal yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang berfokus pada tahapan Design, Development, dan Implement. Subjek pada penelitian ini, yaitu 1 orang ahli konten, 1 orang ahli bahasa, dan 4 guru bidang ilmu kuliner. Instrumen yang digunakan berupa pemberian kuesioner kepada ahli konten dan ahli bahasa untuk memperoleh validitas produk serta kuesioner kepada guru untuk memperoleh kepraktisan produk. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk pengembangan project based teaching module mata pelajaran Dasar-Dasar Kuliner di SMK Pariwisata Dwi Tunggal valid dan praktis. Ini dibuktikan dengan rata-rata hasil uji ahli konten 3,55 dengan kualifikasi sangat baik, rata-rata hasil uji ahli bahasa 3,40 dengan kualifikasi sangat baik, dan rata-rata hasil uji kepraktisan 3,77 dengan kualifikasi sangat baik.
Kata kunci: pengembangan; project based learning; dasar-dasar kuliner.
Implementasi kurikulum merdeka menuntut pendidik untuk melakukan inovasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Berdasarkan analisis kebutuhan di SMK Pariwisata Dwi Tunggal, salah satu upaya konkret yang harus dilakukan adalah mengembangkan modul ajar. Inilah yang mendasari dilaksanakannya suatu penelitian untuk mengembangkan project based teaching module pada mata pelajaran Dasar-Dasar Kuliner di SMK Pariwisata Dwi Tunggal yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang berfokus pada tahapan Design, Development, dan Implement. Subjek pada penelitian ini, yaitu 1 orang ahli konten, 1 orang ahli bahasa, dan 4 guru bidang ilmu kuliner. Instrumen yang digunakan berupa pemberian kuesioner kepada ahli konten dan ahli bahasa untuk memperoleh validitas produk serta kuesioner kepada guru untuk memperoleh kepraktisan produk. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk pengembangan project based teaching module mata pelajaran Dasar-Dasar Kuliner di SMK Pariwisata Dwi Tunggal valid dan praktis. Ini dibuktikan dengan rata-rata hasil uji ahli konten 3,55 dengan kualifikasi sangat baik, rata-rata hasil uji ahli bahasa 3,40 dengan kualifikasi sangat baik, dan rata-rata hasil uji kepraktisan 3,77 dengan kualifikasi sangat baik.
Kata kunci: pengembangan; project based learning; dasar-dasar kuliner.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Sinta Diarini, I. G. A. A., Sentosa, I. P. P., Ordani Astuti, N. M. E., Sabuna, A. M., Dewi, N. P. E. S., & Devi, N. K. D. C. (2023). Pengembangan Project Based Teaching Module Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kuliner di SMK Pariwisata Dwi Tunggal. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 5. Diambil dari https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2220
Terbitan
Bagian
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.