PERMAINAN MEMANCING IKAN KERTAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B1 TK DHARMA KUMARA IV BUDUK

Main Article Content

Ni Komang Theda Febrina Subagia
Christiani Endah Poerwati
Lusiana Christania
Nona Mulia Pasaribu
Aplia Putni Malo

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas permainan memancing ikan kertas dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak kelompok B1 TK Dharma Kumara IV Buduk. Subjek dari penelitian ini adalah 21 orang anak kelompok B1, dengan objek penelitan permainan memancing ikan kertas dan meningkatnya kemampuan mengenal angka pada anak. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus dengan prosedur empat tahap yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah pada observasi awal ketuntasan mengenal angka pada anak kelompok B1 sebesar 38,10% siklus I terjadi peningkatan kemampuan mengenal angka pada anak menjadi 57,14% dan pada siklus II menjadi 90,48%. Sehingga disimpulkan bahwa permainan memancing ikan kertas dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak kelompok B1 TK Dharma Kumara IV Buduk.
Kata kunci: anak usia dini, kemampuan mengenal angka, permainan memancing ikan kertas

Article Details

How to Cite
Subagia, N. K. T. F., Poerwati, C. E., Christania, L., Pasaribu, N. M., & Malo, A. P. (2023). PERMAINAN MEMANCING IKAN KERTAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B1 TK DHARMA KUMARA IV BUDUK. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 5. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2368
Section
Articles