PERAN DIGITAL LEADERSHIP DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 5.0
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Digital leadership merupakan strategi kepemimpinan dengan memanfaatkan teknologi
digitalisasi untuk mencapai tujuan perusahaan. Digital leadership memiliki peran kunci dan
mengambil posisi terdepan dalam meciptakan competitive advantage. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran digital leadership dalam menciptakan
keunggulan bersaing pada era revolusi industri 5.0. Metode penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif eksploratif dengan didukung berbagai referensi dan pengalaman dalam
memaknai peran digital leadership dalam era revolusi industri 5.0. Hasil dari penelitian ini
adalah digital leadership bermanfaat dalam menciptakan competitive advantage dalam
menghadapi era revolusi industri 5.0, dimana pengambilan keputusan dilakukan dengan
menganalisis big data melalui aplikasi teknologi dengan HOTS (high order thinking skills), yang
meliputi Communication, Collaboration, Critical thinking, Creative thinking, Computational
logic, Compassion dan Civic responsibility dalam membantu mengimplementasikan strategi
organisasi
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Pt.
Rineka Cipta.
Aris Sarjito. (2018). Model Kepemimpinan Digital Di Era Revolusi Industri 4.0 (pp.
–11).
Asri, A., & Darma, G. (2020). Revealing the Digital leadership Spurs in 4 . 0 Industrial
Revolution. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3, 93–100.
Bannet, P.D. (1988), "Dictionary of Marketing Terms". Chicago American Marketing
Association. Heri., Fadli., Fynka Apriliani., Gilang Ramadhan., & Haya Adilah. (2021). Revolusi
Industri 5.0 dalam Perspektif Ekologi Administrasi Desa.
Moleong, L.J. 2018 Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Utama Agung. (2003). Upaya Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Perusahaan
Dalam Era Persaingan Global Melalui Aliansi Strstegis.
Rini Dewi Andriani. (2021). Strategi Pemimpin Dalam Digital leadership Di Era
Disrupsi Digital. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/alirsyad
Sri Maryati., Muhammad Ichisan Siregar. (2022). Kepemimpinan Digital dalam
Meningkatakan Kinerja Organisasi Peran Tkenologi Informasi dan
Komunikasi. https://doi.org/10.33395/owner.v6i4.1176
Wulandari, N. T., Ismail, A. N., Anandita, S. R., & M. Bahri Musthofa. (2021).
Kepemimpinan Digital Dalam Membentuk Budaya Organisasi Di Baitul Mall
Wa Tamwil (BMT) Ahmad Nur Ismail Septian Ragil Anandita. 2, 2685–4716.