KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DIALOG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE PADA MAHASISWA JURUSAN TATA HIDANGAN DI AKADEMI KOMUNITAS MANAJEMEN PERHOTELAN INDONESIA
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas yang terdiri atas empat tahapan dalam setiap siklusnya. Tes awal diberikan untuk mengetahui kemampuan awal mahasiswa dalam kemampuan menulis sehingga nilai yang diperoleh pada tes awal dapat dibandingkan dengan siklus I. Hasil data kuantitatif menunjukkan bahwa TPS dapat meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa, khususnya pada karangan dialog dengan menggunakan simple past tense. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh oleh mahasiswa terjadi peningkatan selama model pembelajaran kooperatif tipe TPS diterapkan. Nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa pada tes awal adalah 60,9. Setelah diberikan pembelajaran pada siklus I, nilai rata-rata mahasiswa meningkat menjadi 80,0. Dari hasil data kualitatif terbukti bahwa mahasiswa mampu menulis karangan dialog menggunakan simple past tense dengan penyusunan kalimat yang benar sesuai dengan tata bahasa.
Kata kunci: kemampuan menulis, pembelajaran kooperatif, Think-Pair-Share.
ABSTRACT
This research aimed at finding out how far the use of cooperative learning type Think-Pair-Share (TPS). This research designed in form of action-based research which involved four steps in each circle. Pre-test was conducted in order to know the student’s basic ability at writing skill, so that the achievement on the pre-test can be compared with the achievement on circle I. The result of quantitative data showed TPS could improve students writing ability especially at writing dialogs using simple past tense. It can be seen from the result of the student’s achievement tests which increased continuously during the application of cooperative learning type TPS. The mean score of students in the pre-test was 60,9. After conducting the treatment in the first circle, the students mean score improved to 80,0. The qualitative data, it was showed that the students could write good dialogs using simple past tense with proper structure.
Keywords: speaking ability, cooperative learning, Think-Pair-Share.
Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas yang terdiri atas empat tahapan dalam setiap siklusnya. Tes awal diberikan untuk mengetahui kemampuan awal mahasiswa dalam kemampuan menulis sehingga nilai yang diperoleh pada tes awal dapat dibandingkan dengan siklus I. Hasil data kuantitatif menunjukkan bahwa TPS dapat meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa, khususnya pada karangan dialog dengan menggunakan simple past tense. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh oleh mahasiswa terjadi peningkatan selama model pembelajaran kooperatif tipe TPS diterapkan. Nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa pada tes awal adalah 60,9. Setelah diberikan pembelajaran pada siklus I, nilai rata-rata mahasiswa meningkat menjadi 80,0. Dari hasil data kualitatif terbukti bahwa mahasiswa mampu menulis karangan dialog menggunakan simple past tense dengan penyusunan kalimat yang benar sesuai dengan tata bahasa.
Kata kunci: kemampuan menulis, pembelajaran kooperatif, Think-Pair-Share.
ABSTRACT
This research aimed at finding out how far the use of cooperative learning type Think-Pair-Share (TPS). This research designed in form of action-based research which involved four steps in each circle. Pre-test was conducted in order to know the student’s basic ability at writing skill, so that the achievement on the pre-test can be compared with the achievement on circle I. The result of quantitative data showed TPS could improve students writing ability especially at writing dialogs using simple past tense. It can be seen from the result of the student’s achievement tests which increased continuously during the application of cooperative learning type TPS. The mean score of students in the pre-test was 60,9. After conducting the treatment in the first circle, the students mean score improved to 80,0. The qualitative data, it was showed that the students could write good dialogs using simple past tense with proper structure.
Keywords: speaking ability, cooperative learning, Think-Pair-Share.
Article Details
How to Cite
Lindawati, N. P., Asriyani, R., & Anggayana, I. W. A. (2018). KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DIALOG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE PADA MAHASISWA JURUSAN TATA HIDANGAN DI AKADEMI KOMUNITAS MANAJEMEN PERHOTELAN INDONESIA. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 1. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.516
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.