ANALISIS STRATEGI KOLEKTOR DALAM MENGHADAPI NASABAH YANG BERMASALAH PADA KOPERASI KREDIT TRI TUNGGAL TUKA

Main Article Content

Maria Archiana Vianey Witu
Putu Aristya Adi Wasita

Abstract

ABSTRAK
Permasalahan penelitian ini adalah analisis strategi debitur kolektor dalam menghadapi
nasabah yang bermasalah pada koperasi kredit tritunggal tuka”serta apa saja tugasdan
wewenang debitur kolektor pada koperasi kredit tritunggal tuka. Sumber data pada laporan
iniadalah data primer dan skunder. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari
tempat atau lokasi penelitian yaitu koperasi kredit tritunggal tuka. Data skunder merupakan
data yang diperoleh dari buku-buku yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Teknik
pengumpulandatayangbdigunakanadalahdengancara:wawancara,risetpustaka,dan
dokumentasi. Adapun strategi debitur kolektor dalam menghadapi nasabah yang bermasalah
pada koperasi kredit tritunggal tukamerupakan seseorang yang menagih hutang kepada
setiap kreditur. Yaitu dengan tata cara yang baik, seperti debitur mendatangi rumah kreditur,
danmelaluimediatelpon.Jikakrediturterlambatdalampembayaranpinjamankredit
tersebut,makadebtkolektorakanmenagihnyakesetiapnasabah.Daripenelitianyang
dilakukan dapat disimpulkan bahwa strategi debitur kolektor dalam menghadapi nasabah yang
bermasalah pada koperasi kredit tri tunggal tukatelah di dilakukan sesuai dengan tata cara
yangdiberikanolehpihakkoperasi,dansesuaidenganteoriyangdidapatkanseperti
mencerminkan sikap yang baik, dan pelayanan yang baikkepada kreditur.
Katakunci:Strategi kolektor, nasabah bermasalah, koperasi kredit

Article Details

How to Cite
Vianey Witu, M. A., & Wasita, P. A. A. (2023). ANALISIS STRATEGI KOLEKTOR DALAM MENGHADAPI NASABAH YANG BERMASALAH PADA KOPERASI KREDIT TRI TUNGGAL TUKA. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 5. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2200
Section
Articles