Analisis Implementasi Merdeka Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMKN 4 Denpasar
Bilah Samping Artikel
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian mengenai analisis implementasi Kurikulum Merdeka di SMK N 4 Denpasar berfokus pada dampaknya terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan kurikulum tersebut mempengaruhi semangat dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Guru dalam hal ini berperan sebagai fasilitator, mediator, dan motivator bagi siswa, sedangkan sekolah wajib memfasilitasi serta memperbaiki kualitas sumber daya manusia serta fasilitas pembelajaran. Keadaan lingkungan, fasilitas serta infrastruktur sekolah, mempengaruhi motivasi belajar siswa. Sekolah yang memiliki fasilitas lengkap dan baik dapat menciptakan lingkungan yang nyaman dan menyenangkan bagi siswa, yang memungkinkan mereka untuk lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kurikulum ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, serta untuk mengetahui kendala apa saja dihadapi oleh guru dan sekolah dalam pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Agung, A.A.G. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Singaraja
Arifin, Zainal. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya, 2013.
A. J. Sitika et al., “Pengaruh Perubahan Kurikulum Terhadap Pembelajaran Peserta Didik Di Sekolah Dasar,” Sep. 2023, doi: 10.5281/ZENODO.8368826.
A. Zainuri and A. Zulfi, “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar”.
Anis Aprianti and Siti Tiara Maulia, “Kebijakan Pendidikan : Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan Bagi Guru Dan Peserta Didik,” J. Pendidik. Dan Sastra Ingg., vol. 3, no. 1, pp. 181–190, Apr. 2023, doi: 10.55606/jupensi.v3i1.1507.
Hadi, S. 2009. Metodologi Reaserch 2. Yogyakarta: Andi Ofsset
L. Lince, “Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan,” Pros. Semin. Nas. Fak. Tarb. Dan Ilmu Kegur. IAIM Sinjai, vol. 1, pp. 38–49, May 2022, doi: 10.47435/sentikjar.v1i0.829.
R. L. Arafu, I. Rizqiyati, A. R. Laili, and A. Astiani, “Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Semester 3 Prodi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Semarang,” 2023.
R. Wijayanti, D. Hermanto, and A. T. Novitasari, “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Motivasi Belajar dan Pembentukan Karakter Mahasiswa”.
S. Hanipah, “Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Memfasilitasi Pembelajaran Abad Ke-21 Pada Siswa Menengah Atas,” 2023.
V. N. Hidayati, F. R. Dani, M. S. Wati, and M. Y. Putri, “PENGARUH PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI SISWA KELAS X DI SMAN 1 PAYUNG SEKAKI,” J. EDUSCIENCE, vol. 9, no. 3, pp. 707–716, Dec. 2022, doi: 10.36987/jes.v9i3.3443.
Y. G. Sari, B. E. Putra, Y. Miranti, and M. Setiawati, “Hubungan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kelas X DI SMA 1 IX Koto Sungai Lasi,” JUPEIS J. Pendidik. Dan Ilmu Sos., vol. 1, no. 4, pp. 131–138, Nov. 2022, doi: 10.57218/jupeis.Vol1.Iss4.375.