PROBLEMATIK KONFLIK SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KAMAL

Isi Artikel Utama

Mrs Ernawati
Ana Yuliati

Abstrak

ABSTRAK
Interaksi individu di setiap sektor kehidupan, seperti politik, keamanan, ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan tidak bisa terhindar dari konflik. Disektor pendidikan, kita dengan mudah bisa menyebutkan kasus-kasus konflik atau kekerasan yang sering terjadi di sekolah. Berita-berita konflik kekerasan dan tindak kekerasan yang terjadi disekolah tidak sedikit dan banyak yang melapor. Berdasarkan uraian diatas maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab konflik. Objek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SDN B3 kecamatan Kamal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan siswa terlibat konflik di sekolah dan untuk mengetahui bagaimana sekolah menangani konflik yang terjadi pada siswa sekolah dasar. Untuk mendapatkan data yang diharapkan, peneliti akan mengumpukan data menggunakan dua teknik, yaitu wawancara dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa penyebab konflik berupa ejekan seorang siswa kesiswa lainnya yang berujung perkelahian. Penyebab utamanya yaitu tidak ada yang mau mengalah sehingga terjadi rebutan yang mengakibatkan pertengkaran. Oleh sebab itu, setiap konflik yang terjadi harus segera diselesaikan dengan benar dan tepat melalui cara yang tidak merugikan salah satu pihak, agar tidak terjadi permusuhan atau kekerasan yang diakibatkan karena adanya konflik.
Kata kunci: Siswa, Konflik, Ejekan, Perkelahian
ABSTRACT
Individual interactions in every sector of life, such as politics, security, economics, social, culture, and education cannot avoid conflict. In the education sector, we can easily mention cases of conflict or violence that often occur in schools. News of violent conflicts and acts of violence that occurred in schools were few and many reported. Based on the description above, the purpose of this research is to find out the causes of conflict. The object of this study was the principal, teachers, and students of the B3 sub-district of Kamal. The research method used in this study is a qualitative research method using a descriptive approach to identify factors that cause students to be involved in conflict in school and to find out how schools handle conflicts that occur in elementary school students. To get the expected data, researchers will collect data using two techniques, namely interviews and documentation techniques. The results of the study stated that the cause of the conflict in the form of ridicule of another student student who led to a fight. The main cause is that no one wants to budge so there is a fight which results in a fight. Therefore, every conflict that occurs must be resolved correctly and accurately through ways that do not harm one party, so that there is no hostility or violence resulting from conflict.
Keywords: students, conflict, ridicule, fight

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ernawati, M., & Yuliati, A. (2018). PROBLEMATIK KONFLIK SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KAMAL. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 1. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.474
Bagian
Articles