MITOLOGI BARONG DALAM MERCHANDISE BALI UNITED

Isi Artikel Utama

I Gusti Ngurah Wirawan
I Putu Arya Janottama

Abstrak

ABSTRAK
Bali United merupakan klub sepakbola profesional Indonesia asal Bali yang berlaga di Liga 1 Indonesia Go-Jek 2018. Bali United bermarkas di stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Julukan Serdadu Tridatu disematkan pada klub ini dan Semeton Dewata julukan bagi para fans fanatik Bali United. Pihak manajemen Bali United menempuh berbagai upaya untuk menambah nilai jual klub dan mendekatkan diri dengan Semeton Dewata melalui merchandise. Merchandise merupakan media promosi yang cukup memberi kesan pada konsumen. Dalam dunia desain komunikasi visual, marchendise dikategorikan sebagai bagian pertama klasifikasi produk reproduksi hasil akhir media. Menariknya lagi dalam merchandise Bali United menerapkan mitologi Barong. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk dapat dikaji lebih dalam lagi sesuai dengan keilmuan desain komunikasi visual. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif yang kemudian hasil dari analisa data digunakan sebagai referensi dalam pengkajian estetika media komunikasi visual. Data-data dalam bentuk primer dan sekunder dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, kepustakaan, dokumentasi dan internet. Tujuan dari penelitian ini mengetahui bentuk, estetika dan makna mitologi Barong yang terkandung didalam merchandise Bali United. Berdasarakan prinsip desain komunikasi visual dengan menggunakan pendekatan estetika dan semiotika. Hasilnya dapat digunakan sebagai refrensi serta pengayaan bahan ajar pada mata kuliah Estetika Visual.
Kata Kunci : Bali United, Merchandise, Barong, Estetika dan Semiotika
ABSTRACT
Bali United is an Indonesian professional soccer club from Bali that competes in League 1 Indonesia Go-Jek 2018. Bali United is based at Captain I Wayan Dipta stadium, Gianyar Regency, Bali Province. Nickname Serdadu Tridatu is pinned on this club and Semeton Dewata is a nickname for the fanatical fans of Bali United. The management of Bali United took various efforts to add to the club's selling value and get closer to Semeton Dewata through its merchandise. Merchandise is a promotional medium that gives the impression to consumers. In the world of visual communication design, merchandise is categorized as the first part of the classification of reproductive products from the end results of the media. Interestingly, the Bali United merchandise applies Barong mythology. This is the main attraction to be studied more in accordance with the scientific design of visual communication. This study uses a qualitative descriptive approach which then the results from data analysis is used as a reference in the aesthetic assessment of visual communication media. Data in primary and secondary forms are collected through observation, interview, literature, documentation and internet techniques. The purpose of this study is to find out the form, aesthetics and meaning of Barong mythology contained in Bali United merchandise. Based on the principles of visual communication design using aesthetic and semiotic approaches. The results can be used as references and enrichment of teaching materials in Visual Aesthetic courses.
Keywords: Bali United, Merchandise, Barong, Aesthetics and Semiotics

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wirawan, I. G. N., & Janottama, I. P. A. (2018). MITOLOGI BARONG DALAM MERCHANDISE BALI UNITED. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 1. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.481
Bagian
Articles